Perangkat komputer termasuk dalam perangkat elektronik yang tentunya memiliki masa pakai yang terbatas tentunya. Untuk Anda yang termasuk pengguna komputer yang sudah cukup lama dengan hardware yang sama, maka permasalahan terhadap komputer Anda itu pasti sudah mulai bermunculan satu persatu saat ini. Biasanya, permasalahan pada komputer ini sudah mulai bermunculan pada tahun kedua dan ketiga, baik untuk pengguna yang sangat aktif atau pun pasif.

Salah satu permasalahan yang umum dialami para pengguna komputer itu adalah tampilan yang sudah mulai timbul tenggelam. Skenario permasalahan yang biasa terjadi dari segi tampilan komputer Windows ini, seperti black screen tapi PC tetap menyala dan aktif, layar frezee atau hang, keyboard dan mouse tidak memberikan respon saat ditekan dan digoyangkan, dan berbagai permasalahan lainnya yang bisa dilihat pada layar monitor.

Mengatasi masalah VGA pada Windows 10

Untuk Anda para pengguna Windows versi sebelumnya atau di bawah dari Windows 10, mungkin sudah mengetahui seperti apa pemecahan masalah saat menghadapai masalah seperti ini. Tapi, untuk pengguna Windows 10, di mana sistem operasi ini memang masih terbilang baru, dan belum semua pengguna komputer berhasil move on dari versi sebelumnya, tentu masih bingung dalam mengatasi permasalahan yang muncul.

Namun, hal yang perlu untuk Anda ketahui pada Windows 10 ini, yaitu terdapat beberapa fitur yang mempermudah para pengguna dalam melakukan troubleshooter pada permasalahan yang muncul, baik itu dari segi hardware atau pun sistem (software).

Nah, bagi Anda yang memang mengalami masalah pada tampilan monitor saat menggunakan Windows 10, maka fitur yang terdapat di sistem operasi ini ternyata bisa membantu dalam memulihkan kondisi tampilan yang bermasalah tersebut. Cara pemulihannya itu adalah dengan melakukan perbaikan terhadap driver VGA, baik untuk VGA Card atau pun internal.

Seperti apa perbaikan yang bisa dilakukannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Restart Driver VGA di Windows 10

Mengatasi masalah VGA yang tidak mengeluarkan tampilan, memang akan membuat Anda bingung atau khawatir. Apalagi untuk Anda yang menggunakan motherboard tanpa port output display seperti VGA atau HDMI. Belum lagi kalau VGA yang Anda gunakan termasuk kelas high end yang sudah tentu harganya sangat mahal.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan Anda beberapa metode yang sudah terbukti cukup membantu untuk beberapa pengguna Windows 10, yang mengalami masalah tampilan pada display dari VGA-nya. Metode ini pun, tidak membutuhkan pergantian atau pengerjaan fisik pada hardware langsung, tapi cukup dengan mengandalkan fitur yang ada di dalam Windows. Seperti apa caranya? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Melakukan restart pada driver VGA

Restart VGA mungkin masih cukup awam didengarkan di telinga kita. Bahkan, untuk sekelas mahasiswa IT pun masih sangat sedikit yang mengetahui hal ini. Untuk melakukan restart pada VGA Ini sangatlah mudah, Anda cukup menekan shortcut keyboard dengan kombinasi Win + Ctrl + Shift + B. Setelah itu, layar Anda yang tadinya hanya gelap gulita akan terlihat berkedip sekali, lalu tampilannya pun akan muncul dalam waktu kurang dari 1 detik saja.

Akan tetapi, pastikan sistem operasi Windows 10 Anda ini tidak dalam kondisi ter-lock. Kalau pun ternyata ter-lock, silahkan dinonaktifkan terlebih dulu. Akan tetapi, untuk Anda para gamer, biasanya fitur lock tersebut akan dinonaktifkan oleh software bawaan, karena biasanya itu akan mempengaruhi fokus Anda dalam bermain game.

Metode pertama ini adalah hal yang perlu untuk Anda lakukan pertama kali saat mengalami masalah tampilan blank (Black Screen) saat menggunakan Windows 10. Selain itu pula, cara ini tidak memerlukan hak akses ke akun administrator.

  1. Update atau install kembali kembali driver VGA

Hal lain yang bisa menyebabkan tampilan blank atau black screen pada komputer itu adalah kerusakan pada driver VGA. Kerusakan ini bisa terjadi karena virus atau pun karena sistem operasi yang tidak kompatibel dengan driver VGA yang Anda gunakan. Pasalnya, pihak Microsoft memang rutin mengeluarkan update untuk sistem operasi Windows 10 ini. Update yang tidak kompatibel tersebut bisa membuat layar freeze dan beberapa gangguan lainnya pada tampilan. Sehingga, perlu dilakukan update atau menginstall kembali driver VGA.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan 2 langkah perbaikan, yaitu dengan menghapus driver dari control panel atau bisa juga dari device manager langsung. Seperti apa langkah-langkahnya? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

a. Hapus driver VGA dari device manager

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka halaman Device Manager, dengan mengetikkan msc pada menu RUN, atau bisa juga menekan tombol kombinasi shortcut keyboard Ikon Windows + Pause Break, kemudian klik pada panel kanan yang bertuliskan Device Manager.
  • Di dalam halaman Device Manager tersebut, silahkan Anda cari Display Adapters, lalu klik pada menu dropdown.
  • Klik kanan pada nama driver VGA yang ada, dan pilih Uninstall.
  • Setelah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda.

Jika langkah di atas sudah selesai Anda lakukan dan proses restart sudah selesai, maka Windows askan mulai menginstal driver secara otomatis, agar sesuai dengan sistem update Windows. Tapi, kalau Windows 10 ternyata tidak mendapatkan driver Anda, maka Anda bisa mencari driver tersebut dari situs resmi vendor VGA Anda.

b. Uninstall VGA melalui Control Panel

Ada cukup bannyak OEM yang membuat atau mengembangkak software untuk bisa memberikan pengalaman dan juga kendali yang lebih baik kepada para penggunanya terhadap fitur yang disematkan di dalamnya. Salah satu brand atau merek ternama dari VGA itu nVidia yang juga memberikan tambahan software ekstra pada saat penginstalan. Software ini berupa kontrol panel untuk membantu dalam optimasi tampilan dari VGA ke layar monitor yang Anda gunakan.

Nah, kalau Anda memang sudah menghapus driver seperti cara pertama di atas, maka Anda perlu juga untuk menghapus software atau OEM dari komputer Windows 10 Anda, melalui control panel dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka start menu, lalu ketikkan control panel. Jika sudah muncul, silahkan langsung klik pada menu control panel tersebut.
  • Setelah Anda berada di dalam menu control panel ini, silahkan Anda lanjut dengan mengklik menu Programs & Features > Add or Remove Programs.
  • Sampai pada tahapan ini, silahkan Anda cari program (OEM) nVidia tersebut, kemudian klik satu kali dan pilih opsi uninstall.

Kalau 2 tahapan ini sudah Anda jalani, maka silahkan Anda install kembali driver dan juga software tambahan dari VGA Anda tersebut, menggunakan CD/DVD driver bawaan. Agar Anda bisa kembali memainkan game yang Anda sukai.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY