Kemarin teman Saya baru saja membeli game Grand Theft Auto (GTA) V melalui Steam. Harga dari game ini masih cukup mahal, yaitu sekitar Rp. 600 ribuan. Saya sebenarnya berniat untuk membelinya juga Cuma belum cukup tabungan. Masalahnya juga karena ukuran dari game ini yang cukup besar hingga lebih dari 50 GB. Kalau Saya mendownloadnya dengan menggunakan modem yang kuota pas-pasan pasti biayanya lebih mahal dibanding Saya beli langsung gamenya.

Karena, teman Saya sudah membeli dan mendownloadnya jadi Saya berniat untuk mengcopy file dari game tersebut dari PCnya saja. Setelah Saya cek ternyata game hasil download dan yang berbayar dari Steam ini tidak asal dicopy begitu saja. Untuk memainkannya pun, ternyata harus menggunakan user dari pemilik akun yang telah membeli game tersebut. Sedangkan Saya kan hanya ingin mengcopy saja dan tidak ingin membelinya. Jadi, solusinya adalah Saya meminjam akun dari teman Saya untuk memainkan game tersebut.

Tapi, masalahnya bukan pada akunnya, namun pada cara memindahkan game tersebut ke PC Saya. Pasalnya game tersebut tidak memiliki file exe untuk diinstal. Nah, karena hal inilah Saya mencoba untuk mengutak-atik dan mencari file dari game tersebut di dalam folder instalasi Steamnya dan berhasil menemukan. Kini game tersebut sudah berpindah ke PC Saya dan bisa bermain dengan lancar, walaupun akunnya masih akun pinjaman. Dan untuk Anda yang ingin melakukan hal yang sama dengan Saya yaitu memindahkan game-game Steam dari PC teman atau PC lama Anda ke PC baru, berikut langkah – langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara memindahkan game yang sudah Anda download dan install melalui Steam dari satu PC ke PC lain cukuplah mudah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam folder instalasi Steam pada PC Windows Anda.

Lokasi folder instalasi Steam secara default biasanya adalah pada “C:\Program files (x86)\Steam”.

Cara Pindahkan Game Steam Ke PC Lain 1 oleh tekno segiempatNah, di dalam folder ini Anda folder yang bernama “SteamApps”. Klik dua kali pada folder tersebut.

Cara Pindahkan Game Steam Ke PC Lain 2 oleh tekno segiempatDari dalam folder Steamapps Anda buka lagi folder yang bernama “Common”.

Cara Pindahkan Game Steam Ke PC Lain 3 oleh tekno segiempatDi dalam folder Common inilah semua game yang telah Anda download dan install melalui steam tersimpan.Cara Pindahkan Game Steam Ke PC Lain 4 oleh tekno segiempatUntuk memindahkannya ke PC lain adalah cukup dengan mengcopy semua folder game yang ada di dalamnya. Kemudian paste pada folder Common Steam yang telah terinstal pada PC Anda.Cara Pindahkan Game Steam Ke PC Lain 5 oleh tekno segiempat

Biasanya folder Common ini tidak tersedia jika Anda baru saja menginstal Steam pada PC. Untuk itu, Anda bisa membuat folder manual dengan nama “Common” pada PC baru tersebut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY