Sistem operasi Windows 10 sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang dinamakan dengan Windows Defender. Fitur atau tool keamanan ini sangat berguna untuk menghalau segala macam jenis malware atau virus komputer yang bisa merusak kinerja sistem komputer. Anda pun bisa sedikit menghemat dengan tidak perlu lagi menginstall anti-virus pihak ketiga dengan adanya Windows Defender ini.

Namun, tidak sedikit dari pengguna Windows 10 malah ingin mematikan atau menon-aktifkan Windows Defender ini. Apalagi untuk para pengguna komputer yang sering menggunakan program atau software dengan crack.

Windows Defender ini sendiri memang bisa Anda non-aktifkan. Akan tetapi, masa non-aktif tersebut hanya beberapa saat saja. Setelah itu, akan kembali lagi aktif dengan sendirinya. Di samping itu pula, fitur ini akan tetap mengkonsumsi resource komputer walaupun sudah dinon-aktifkan melalui menu Settings tersebut.

Cara nonaktifkan Windows Defender di Windows 10 secara permanen

Untuk versi Windows 10 atau 8, mematikan Windows Defender ini sudah tidak bisa dilakukan lagi secara permanen. Untuk itu, Saya memiliki sebuah tool atau aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu dalam menatikan Windows Defender ini secara permanen. Nama tool ini adalah Defender Control, yang merupakan alat portabel gratis yang bisa menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

Kenapa Anda perlu menggunkaan Defender Control ini?

  • Bisa menambah kinerja dari komputer Anda, karena menghentikan penggunaan resource dari Windows Defender.
  • Mengatasi masalah adanya konflik pada aplikasi lain, termasuk anti-virus pihak ketiga jika ada.

Dan, tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya sesuai dengan keperluan Anda.

Cara penggunaan Defender Control

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan mendownload Defender Control tersebut melalui link org/9480/defender-control-v1-4/. Setelah Anda download, silahkan Anda langsung jalankan tool tersebut. Karena ini adalah tool portabel, jadi Anda tidak perlu lagi menginstallnya.
  • Setelah Defender Control tersebut terbuka, Anda akan melihat serangkaian opsi. Opsi pertama ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan Windows Defender. Saat Anda mengklik tombol Disable Windows Defender tersebut, maka tombol tersebut akan berubah menjadi merah.
  • Kalau Anda ingin kembali mengaktifkannya, maka silahkan klik tombol kedua yang bertuliskan Enable Windows Defender, dan tunggu hingga berubah menjadi warna hijau. Aktifkan Windows Defender yang berarti sudah kembali diaktifkan.

  • Untuk tombol Open Security Center sendiri masih sama dengan fitur atau pengaturan dari Windows Defender itu sendiri. Yang memperlihatkan kalau Windows Defender sudah bekerja atau tidak.

  • Pada tombol terakhir, yaitu tombol Menu, memungkinkan Anda untuk membuka pengaturan Windows Defender, menyembunyikan Defender Control saat startup, dan lainnya.

Akhir kata

Nah, itulah salah satu tool yang bisa membantu Anda dalam menon-aktifkan Windows Defender secara permanen di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY