Pada sistem operasi Windows 10, file Explorer yang menjadi fitur andalannya memang mendapatkan perbaikan yang lebih baik. Di mana pada Windows Explorer tersebut sudah lebih responsif dan mendapatkan penambahan fitur yang lebih banyak. Di samping itu pula, Windows Explorer ini sendiri memang sangatlah penting untuk bisa mengakses file-file di dalam komputer Anda.

Di dalam Windows Explorer ini pun memungkinkan cukup banyak penyesuaian baik dengan melakukan perubahan pengaturan atau pun mengubah nilai dari registry serta melakukan modifikasi group policy.

Nah, pada artikel kali ini Saya akan memberikan Anda tutorial tentang cara menghilangkan statatus bar yang ada pada Explorer di Windows 10.

Apa yang ditampilkan pada status bar Windows Explorer?

Saat Anda membuka Windows Explorer, baik itu di dalam folder, maka Anda bisa melihat status bar ini pada bagian paling bawah halaman tersebut. Status bar ini sendiri adalah sebuah fitur indikator untuk melihat jumlah item di dalam halaman tersebut, item yang Anda pilih (select), jenis thumbnail yang digunakan (besar atua kecil) cukup dengan mengkliknya, dan lainnya.

Cara nonaktifkan Status Bar di Explorer di Windows 10

Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang merasa terganggu dengan fitur tersebut, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan fitur status bar tersebut di halaman Windows Explorer Anda.

  1. Menghilangkan Status Bar dengan pengaturan Folder Options
  • Silahkan Anda buka terlebih dulu Windows Explorer, lalu tekan tombol ALT + F pada keyboard dan klik pada Change Folder And Search Options.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada tab View, dan pada bagian bawahnya untuk kolom Advance Options, Anda akan melihat banyak opsi di sana. Silahkan Anda cari opsi Show Status Bar, dan hilangkan tanda centangnya.

  • Secara default fitur ini pasti tercentang atau diaktifkan.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik pada tombol Apply dan OK.
  1. Menggunakan editor Registy Editor (Regedit)

Kalau cara pertama di atas belum berhasil, maka Anda bisa menggunakan regedit untuk menghilangkan status bar di Explorer Windows 10 tersebut, dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan kombinasi tombol WINKEY + R untuk membuka menu Run, kemudian Anda ketikkan regedit pada kolom RUN tersebut, dan tekan tombol Enter. Setelah halaman Registry Editor terbuka, silahkan Anda menuju ke alamat HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
  • Sekarang, klik kanan pada Advanced dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.

  • Beri nama DWORD yang baru dibuat tersebut sebagai ShowStatusBar. Klik dua kali pada DWORD baru tersebut, lalu ganti nilai (Value) menjadi 0 untuk status nonaktif. Untuk mengaktifkannya, maka Anda cukup memberikan angka 1 .
  • Jika memang nama DWORD tersebut sudah ada, maka Anda cukup mengubah Value saja.
  • Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang sudah Anda lakukan di regedit.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY