Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini memang sering mendapatkan update dari Microsoft. Update tersebut sebagai bentuk perbaikan dari bug dan juga laporan dari para pengguna Windows 10 langsung. Di samping itu, update yang dilakukan ini juga biasanya akan diberikan tambahan fitur di dalamnya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para penggunanya.

Sistem operasi Windows 10 yang mengalami error pun sudah bisa Anda atasi dengan menggunakan beberapa fitur repairnya. Anda pun tidak perlu lagi melakukan install ulang kalau ditemukan masalah atau error pada sistemnya, kalau Anda mengikuti 4 cara repair Windows 10 di bawah ini:

1. Scan dan Repair Menggunkaan SFC

Untuk langkah awal yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menggunakan tool bawaan dari Windows 10 yang bernama SFC.Tool ini sendiri berbasis command line yang masih banyak tidak mengetahuinya. Tapi, tool ini sendiri memang bisa digunakan untuk melakukan repair pada sistem Windows yang error, corrupt, atau hilang. Tool SFC ini sendiri bisa diakses melalui halaman CMD dengan menggunakan beberapa perintah dasar DOS untuk proses scanning. Cara penggunaannya itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka halaman Command Prompt (CMD) menggunkan Administrator.
  • Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah SFC /scannow, lalu tekan tombol Enter.
  • Sampai pada tahapan ini Anda tinggal menunggu hingga SFC ini selelai melakukan proses scanning tersebut, yang biasanya akan memunculkan report scanning.
  • Lama proses scanning ini biasanya akan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit, tergantung dari banyaknya sistem aplikasi yang terinstall di dalam Windows 10 Anda.
  • Dari sini, nantinya akan tampil hasil dari scanning file sistem tersebut, dalam bentuk file log, yang bisa Anda cek di lokasi “C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log”.
  • Tool SFC ini pun nantinya akan melakukan proses pengecekan file penting dan juga akan mengganti beberapa file yang memang menjadi penyebab masalahnya.
  • Anda jangan menutup jendela CMD kalau memang belum ada proses verifikasi.
  • Jika prosesnya sudah selesai, maka nantinya akan muncul notifikasi hasil scanning, seperti berikut ini:

Windows Resource Protection did not find any integrity violations: Notifikasi berarti tidak ada ditemukan masalah (corrupt atau hilang) pada file sistem Windows Anda.”

“Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log: Notifikasi ini berarti proses repair terhadap file yang bermasalah tersebut berhasil dilakukan. Silahkan Anda buka alamat lokasi di atas untuk melihat hasil perbaikan”

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log: Notifikasi ini menunjukkan kalau terdapat file yang bermasalah, tapi tidak bisa dilakukan repair atau proses repair yang gagal. Silahkan Anda lihat file log di lokasi tersebut untuk melihat masalahnya. ”

Windows Resource Protection could not perform the requested operation: Kalau muncul notifikasi seperti ini, maka Anda jalankan fitur System File Checker Scan melalui jendela safe mode. Baca (Cara masuk Safe Mode di Windows 10). Cek pada lokasi %WinDir%\WinSxS\Temp, untuk memastikan kalau PendingDeletes dan PendingRenames ada di dalamnya.

2. Scan Sistem Menggunakaan DISM (Deployment Image Servicing and Management)

Untuk cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk me-repair Windows 10 melalui CMD, adalah menggunakan tool yang bernama DISM. Tool ini pun hanya bisa Anda akses melalui perintah-perintah di CMD. Tool DISM ini sendiri bisa dikatakan sedikit lebih unggul dalam fitur dan fungsi pengecekan file dibandingkan dengan SFC di atas. Cara menggunakan tool DISM ini, bisa Anda lihat di bawah ini:

  • SIlahkan Anda membuka jendela CMD melalui user Administrator.
  • Selanjutnya, Anda ketikkan perintah DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Pada tahap berikutnya, Anda tinggal menunggu sampai proses scanning ini selesai, yang biasanya itu akan memakan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit. Jika prosesnya sudah selesai, Anda bisa mencoba untuk merestart komputer Anda.
  • Di tahap berikutnya, Anda jalankan perintah SFC seperti pada poin pertama di atas, di mana SFC di sinilah yang nantinya akan melakukan perbaikan terhadap file sistem yang bermasalah tersebut.

Untuk Anda yang menggunakan Windows 7, tools DISM ini memang belum tersedia, tapi Anda bisa mencoba mendownload program yang bernama System Update Readiness Tool langsung dari Microsoft.

Tool DISM ini pun terpasang pada database Windows Update, di mana fungsinya itu adalah untuk melakukan verifikasi dan juga update terhadap file sistem yang bermasalah. Sehingga, memang akan sangat membantu kalau ada file sistem Windows yang mengalami korup. Hanya saja, kalau yang bermasalah itu adalah Windows Update, maka Anda bisa menggunakan Windows Installer untuk proses repair.

3. Memanfaatkan Fitur System Restore

Untuk cara yang ketiga ini bisa dikatakan sebagai cara yang awam atau banyak dilakukan saat ini. System restore ini sendiri merupakan tool yang memang sudah disertakan pada versi-versi Windows sebelumnya. Di mana, system restore bisa dikatakan sebagai tool mengembalikan semua pengaturan, program, dan file Windows sebelum terjadi masalah. Cara menggunakan system restore untuk proses repair Windows 10 yang bermasalah adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka dulu menu RUN dengan menekan shortcut keyboard Win + R, kemudian pada kolom RUM tersebut, silahkan Anda ketikkan nama SystemPropertiesProtection, dan tekan tombol Enter.
  • Silahkan Anda menuju ke System Properties > System Protection, kemudian klik pada tombol System Restore.
  • Selanjutnya, Anda klik saja tombol Next untuk melanjutkan prosesnya.
  • Kemudian, di tahapan ini Anda pilih tanggal mundur, di mana sebelum Windows 10 Anda mengalami masalah. Dan, untuk melihat program apa saja yang akan di roll back nantinya setelah selesai di restore, silahkan Anda klik pada opsi Scan for affected programs.
  • Jika tanggalnya sudah Anda pilih, selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan proses restore.
  • Sampai tahapan ini, Anda pun akan melihat konfirmasi terakhir dari system restore, silahkan Anda klik saja tombol Finish untuk langsung melakukan restore. Komputer Anda pun nantinya akan direstart dan biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jarak tanggal yang Anda pilih cukup jauh dan banyak program yang sudah terinstall dalam rentan waktu tersebut.
  • Setelah proses restore selesai, maka Anda pun akan masuk kembali ke dalam Windows 10, dan pastinya akan merasa seperti DeJaVu, karena kembali ke pengaturan beberapa hari sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “Cara Menggunakan System Restore di Windows 10“.

4. Menggunakan Fitur System Reset

Ini adalah langkah terakhir kalau semua cara di atas sudah tidak dapat membantu perbaikan pada Windows 10 Anda. Cara ini tentunya akan membuat Windows 10 Anda seperti semula atau saat pertama kali di install, tanpa ada program dan data-data di drive System pun akan hilang.

Untuk langkah-langkah proses reset Windows 10 ini, bisa Anda lihat pada artikel Saya sebelumnya dengan judul “Cara Menggunakan fitur System Reset Windows 10“.

Penutup

Nah, itulah 4 cara paling mudah melakukan repair terhadap Windows 10 Anda yang bermasalah. 4 Cara di atas tentunya tidak membutuhkan CD/DVD Installer dari Windows 10 tersebut, karena semuanya itu hanya menggunakan tool bawaan yang memang sudah terintegrasi di dalam Windows 10 ini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

3 COMMENTS

  1. […] Laptop Windows 10 yang mengalami restart terus menerus itu kemungkinan besar disebabkan oleh adanya kerusakan pada file system. Kerusakan tersebut bisa terjadi karena virus atau pun terhapus secara tidak sengaja. Anda bisa mencoba menggunakan tool SFC dan DISM untuk melakuran repair pada file system yang error tersebut. Tool SFC dan DISM ini adalah tool yang sudah ada pada Windows 10, yang bisa Anda akses melalui halaman CMD. Cara menggunakannya itu bisa Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “Cara Repair Windows 10 Melalui CMD dengan Mudah“. […]

  2. […] Deployment Imaging dan Serviing Management atau disingkat dengan DISM ini merupakan tool bawaan yang ada pada sistem operasi Windows 10 yang bisa membantu dalam memperbaiki file image dari sistem operasi yang mengalami kerusakan. Kalau memang terjadi masalah unserviceable pada Windows Image, maka tool DISM ini bisa Anda gunakan untuk mengupdate file tersebut sekaligus memperbaiki masalah yang muncul yang berkaitan dengan file rusak tersebut. Untuk cara menggunakan tool DISM ini, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara menggunakan tool DISM di Windows 10. […]

LEAVE A REPLY