Driver pada komputer adalah salah satu komponen yang paling penting untuk dilakukan pengecekan terlebih dulu. Pasalnya, driver inilah yang nantinya akan menjadi penghubung antara hardware komputer dengan sistem operasi, sehingga fitur pada sistem operasi dan juga software pihak ketiga lainnya bisa mengontrol penggunaan hardware-hardware yang ada di komputer.

Komputer tanpa driver tentunya tidak dapat melakukan banyak hal, misalnya saja untuk input dan output-nya. Contoh kecil dari masalah input dan output tanpa driver komputer yang tidak terinstall adalah tidak ada audio atau suara saat kita memutar musik. Belum lagi kalau Anda menggunakan VGA Card, yang pastinya Anda tidak akan bisa menggunakan kemampuan dari VGA Card tersebut untuk menjalankan software dengan kebutuhan grafis tinggi, seperti game atau pun rendering video. Atau juga untuk Anda yang ingin terhubung ke jaringan atau internet, baik itu WiFi atau pun LAN (Kabel).

Cara mudah dan cepat mengupdate driver komputer

Menginstall driver dari komputer itu sebenarnya belumlah cukup. Karena, update dari software dan juga sistem operasi saat ini semakin sering. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan update driver dari masing-masing hardware yang ada di komputer Anda. Driver yang tidak update biasanya akan mengalami masalah kompatibilitas dengan software pihak ketiga yang terinstall di komputer Anda atau dengan sistem operasi.

Untuk sistem operasi Windows 10 sendiri, update driver hardware komputer biasanya juga akan diikutkan pada update sistem. Namun, kalau update tersebut belum tersedia, maka Anda bisa melakukan update sendiri secara manual.

Nah, di bawah ini Saya akan membagikan kepada Anda mengenai beberapa cara untuk melakukan update driver komputer secara cepat dan mudah, sehingga hardware komputer Anda pun masih bisa tetap dipergunakan dengan lebih baik.

1. Men-download driver dari website resmi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah itu adalah dengan mendownload driver komputer dari halaman website resmi penyedia hardware Anda. Kalau misalnya, perangkat yang Anda gunakan di sini adalah sebuah laptop, maka akan jauh lebih mudah dan cepat untuk mendownload semua drivernya. Karena, driver laptop biasanya akan satu paket langsung sesuai dengan brand dan tipe dari laptop tersebut.

Misalnya saja, laptop Anda bertipe Asus A456U. Maka Anda cukup membuka halaman Google, lalu ketikkan kata kunci ‘driver laptop Asus A456U’. Setelah itu, silahkan Anda klik hasil pencarian yang mengarah pada halaman website resmi dari Asus tersebut. Biasanya, driver yang tersedia akan dipecah menjadi driver, WiFi, VGA, audio dan lainnya. Jadi, silahkan Anda download semua driver tersebut, lalu install pada laptop Anda.

Untuk perangkat PC sedikit agak berbeda. Karena, di dalam PC khususnya untuk PC gaming biasanya terdapat beberapa hardware tambahan yang masing-masing drivernya berbeda lokasi untuk mendapatkannya. Misalnya saja, untuk motherboard dan juga VGA. Biasanya moterboard PC memiliki website link sendiri untuk download drivernya, begitu pula dengan VGA Card. Walaupun, motherboard dan VGA Card Anda memiliki brand yang sama, misalnya Asus, tapi link untuk download drivernya pasti akan berbeda. Jadi, pastikan Anda mencari driver motherboard sesuai dengan tipenya dan juga VGA. Untuk Audio, LAN atau Wifi biasanya sudah include dalam satu link untuk motherboard.

2. Melalui Windows Update

Seperti yang telah Saya jelaskan di awal, di mana saat Microsoft mengeluarkan update untuk sistem operasi Windows-nya tersebut, biasanya juga akan mengikutkan driver untuk hardware komputer. Anda bisa mengecek hal tersebut melalui halaman Windows update di Windows 10 Anda. Silahkan Anda tekan tombol Windows + I, pada keyboard untuk membuka halaman Settings. Setelah itu, silahkan Anda menu Update & Security, lalu pilih Windows Update. Kalau di sana tersedia update, silahkan Anda lakukan update secara otomatis.

3. Melalui Device Manager

Fitur lain dari sistem operasi Windows untuk membantu melakukan update dengan cepat dan mudah adalah melalui Device Manager. Device Manager sendiri memang tempat untuk melihat semua driver hardware komputer yang telah terinstall. Di halaman ini pula Anda bisa melihat mana saja driver yang belum terinstall atau tidak aktif, yang biasanya ditandai dengan ikon bertanda seru kuning.

Untuk bisa mengakses halaman tersebut, silahkan Anda tekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager dari daftar yang muncul. Setelah berada di dalam halaman Device Manager, silahkan Anda klik pada kategori driver untuk melihat driver-driver yang ada. Setelah itu, klik kanan pada nama driver yang ingin Anda update tersebut.

4. Menggunakan software pencari driver

Cara selanjutnya untuk mempermudah dan mempercepat proses update driver komputer Anda adalah dengan menggunakan software untuk update driver. Ada banyak sekali vendor yang menawarkan untuk software update driver komputer seperti ini. Namun, rata-rata software tersebut mengharuskan para penggunanya untuk membeli lisensinya. Adapun beberapa software yang memang bisa digunakan secara trial untuk mencari driver, tapi saat ingin mendownload driver yang telah didapatkan biasanya tidak bisa.

Tapi, kalau Anda menemukan software pencari update untuk komputer yang bisa digunakan secara gratis untuk semua fiturnya, maka Anda bisa meninggalkan linknya pada kolom komentar untuk berbagi dengan kami.

5. Menggunakan DriverPack

Selain software pencari driver ada juga software pihak ketiga lainnya yang bernama DriverPack. Software ini sendiri ada yang tersedia secara gratis dan ada juga yang versi berbayar (lisensi). Software DriverPack ini sesuai dengan namanya, yang di dalamnya itu tersedia berbagai macam driver yang terupdate dan kompatibel untuk beberapa brand harwdare komputer. Jadi, Anda cukup menginstall software ini setelah itu, driver yang ada di komputer Anda pun bisa diinstal secara otomatis melalui software ini.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengupdate driver komputer Anda. Kalau Anda memiliki cara lain atau link-link untuk mendownload software gratis seperti yang kita bahas di atas, atau pertanyaan dan tambahan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY