Salah satu software yang paling banyak digunakan pada sistem operasi Windows adalah Microsoft Office. Bisa dikatakan kalau software ini menjadi satu bagian dengan sistem operasi tersebut. Pasalnya, sistem operasi Windows dan Microsoft Office ini memang dikeluarkan oleh satu perusahaan yang sama, yaitu Microsoft. Di samping itu pula, Microsoft Office Word ini sudah pasti ditemukan pada setiap pengguna komputer.

Dalam penggunaannya, Microsoft Office ini memang sangatlah membantu dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, untuk para pekerja kantoran dan pelajar, pasti akan sangat membutuhkan software ini. Beberapa dari pengguna pun tentunya belum mengetahui cara penggunaan program Microsoft Office ini secara menyeluruh. Maka dari itu, pada artikel kali ini, Saya ingin memberikan satu tutorial mengenai cara menambahkan simbol derajat (°) pada dokumen Microsoft Office Word yang Anda buat.

Cara membuat simbol derajat di Micorosoft Word

Penulisan tanda atau simbol derajat (°) pada Microsoft Word memang masih sangat jarang diketahui oleh para penggunanya. Karena, simbol ini memang termasuk juga cukup jarang digunakan. Untuk Anda yang memang ingin tahu bagaimana cara membuat simbol derajat tersebut, maka silahkan Anda ikuti beberapa cara di bawah ini.

  1. Menggunakan Character Map

Character Map itu bisa Anda cari pada menu pencarian di Windows Anda.

Setelah halaman Character Map tersebut terbuka, maka silahkan Anda lanjut mencari simbol derajat tersebut. Kemudian, Anda tinggal mengklik tombol Copy, lalu buka halaman Word untuk paste simbol tersebut.

  1. Fitur insert simbol di Word langsung

Silahkan Anda langsung buka Microsoft Word, klik pada menu Insert > Symbol > More Symbols.

Jika jendela pop pun mini berisikan simbol sudah muncul. Silahkan Anda klik ikon derajat (°), kemudian klik tombol Insert untuk menyisipkan ke dalam artikel atau dokumen Word Anda. Pastikan saja posisi kursor Anda berada tepat pada posisi yang ingin Anda sisipkan simbol tersebut.

  1. Membuat shortcut keyboard sendiri

Untuk cara ini, silahkan Anda buka kembali menu Insert > Symbol > More Symbols. Kemudian, klik pada tombol di bagian bawah jendela yang bertuliskan, Shortcut Key

Ini akan membuka jendela mini lain yang disebut Customize Keyboard. Di sini, silahkan Anda tekan kombinasi tombol keyboard yang ingin Anda gunakan. Tapi, pastikan simbol derajat tersebut sudah Anda pilih sebelum mengklik Shortcut Key… tersebut.

Selanjutnya, silahkan Anda klik pada Assign setelah Anda selesai, dan tutup jendela mini.

  1. Menggunakan kombinasi tombol default

Untuk yang satu ini memang hanya teradapat pada beberapa komputer saja. Di mana sudah terdapat shortcut tombol default untuk membuat simbol derajat tersebut, yaitu:

  • ALT + 0176
  • ALT + 248

Pastikan pula, Num Lock keyboar sudah aktif sebelum menekan shortcut tombol-tombol tersebut. Karena, tombol numerik yang digunakan adalah yang berada di sisi kanan. Untuk yang menggunakan laptop, pastikan memiliki tombol Numerik kanan atau pakai keyboard eksternal.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY