Saat Anda ingin menjual perangkat komputer, baik itu PC atau pun laptop, maka hal yang perlu untuk Anda lakukan pertama kali adalah melakukan backup untuk semua data yang tersimpan. Di samping itu pula, kalau Anda memang memiliki sistem operasi Windows 10 berlisensi di komputer tersebut, maka sebaiknya Anda uninstall product key. Kalau Anda tidak menghapus atau uninstall, maka pengguna yang membeli komputer Anda bisa menggunakan product key tersebut.

Cara nonaktifkan dan uninstall Product Key Windows 10

Untuk menjalankan cara ini, maka Anda harus memiliki Windows Software Licensing Management Tool. Atau Anda juga bisa menggunakan script slmgr.vbs yang berisikan perintah lisensi Visual basic yang digunakan untuk mengelola dan mengkonfigurasi lisensi pada OS Windows. Untuk langkah-langkahnya silahkan Anda simak di bawah ini:

  • Silahkan Anda cari tahu terlebih dulu ID Aktivasi untuk Windows 10 Anda tersebut dengan cara membuka halaman Command Prompt (CMD), lalu memasukkan perintah berikut:

slmgr.vbs /dlv

  • Untuk kesuluruhan ID Aktivasi versi Windows yang terinstall, maka Anda bisa menggunakan perintah:

slmgr.vbs /dlv all

  • Parameter /dlv ini gunanya untuk menampilkan informasi lisensi secara detail untuk OS yang terinstall.
  • Setelah perintah tersebut Anda jalankan, mak Anda akan melihat jendela Windows Script Host untuk memberi Anda detail mengenai status lisensi dan aktivasi Windows Anda. Di sini silahkan Anda cari ID Aktivasi dan catat.
  • Masih di halaman CMD, Anda masukkan lagi perintah berikut:

slmgr /upk <Activation ID>

  • Di sini upk adalah singkatan dari uninstall product key. Parameter /UPK ini berfungsi untuk meng-uninstall Product Key Windows yang Anda gunakan. Kalau perintah yang Anda masukkan salah, maka akan muncul error seperti pada gambar di bawah.
  • Kalau perintah atau ID Aktivasi yang Anda masukkan sudah benar, maka Anda akan melihat pesan seperti pada gambar di bawah.
  • Setelah itu, silahkan Anda cek status Windows activation komputer Anda di Control Panel, maka akan tampak seperti berikut.

Menghapus atau uninstall product key Windows di komputer sebelum Anda jual itu sangat penting. Karena, memang product key Windows ini menempel pada perangkat, khususnya di media penyimpana. Jadi, kalau Anda sampai menjualnya tanpa melakukan uninstall, maka sistem operasi tersebut akan dimiliki orang yang membeli komputer Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk menghapus atau unistall product key dari Windows 10 yang Anda miliki. Cara ini pun bisa Anda lakukan pada versi sistem operasi Windows yang lainnya, seperti Windows 8/8.1 atau pun Windows 7. Kalau Anda memiliki metode lain yang lebih mudah atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY