Kini video Codec terbaru sudah tersedia untuk para pecinta layanan video streaming atau pun video lainnya. Di mana codec terbaru ini nantinya bisa digunakan untuk H.264, H.265, dan HEVC. Codec baru tersebut dikenal dengan nama AV1.

AV1 ini merupakan format pengkodean video yang gratis, yang nantinya akan dimanfaatkan lebih banyak dalam transmisi video melalui Internet. Codec terbaru ini sendiri sebenarnya dibuat untuk nantinya sebagai pengganti dari format pengkodean VP9. Ini dimaksudkan untuk digunakan bersama dengan OPUS dalam update yang akan datang ke format platform WebM untuk web video HTML5 dan teknologi WebRTC.

Codec ini pun menjanjikan kualitas streaming yang sama tetapi dengan ukuran file yang lebih kecil. Untuk Anda yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10, maka di bawah ini Anda bisa melihat tentang cara mengaktifkan fitur codec AV1 tersebut.

Memutar video AV1 di Windows 10

Mengaktifkan codec secara native pada Windows 10 berarti bahwa penambahan codec akan memungkinkan pengguna untuk memainkan media pada aplikasi seperti Groove Music dan Movies & TV. Ini mirip dengan memainkan video HEVC di aplikasi Windows 10 Movies & TV atau memainkan file media berkode OGG, Vorbis dan Theora di Windows 10.

Saat codec AV1 muncul, maka dukungan terhadap software untuk menjalankan file-file tersebut tentunya akan semakin banyak juga. Codec AV1 ini sebenarnya dirilis oleh pihak Microsoft secara diam-diam untuk Windows 10 loh! Anda bisa menemukan ini pada Microsoft Store seperti paket ekstensi web Codec dan juga HEVC Codec.

Jika Anda sudah menginstall paket tersebut, maka video AV1 seperti film atau pun siaran TV pun sudah bisa Anda jalankan. Tapi, kalau Anda sudah menggunakan software versi Win32 seperti VLC Media Player, maka Codec baru AV1 ini mungkin tidak Anda perlu lagi.

Pada deskripsi untuk codec AV1 ini sendiri di Microsoft Store mengatakan, kalau decoder AV1 ini masih bersifat Early Beta. Jadi, kemungkinan Anda nantinya akan mendapati beberapa masalah saat menjalankan video dengan format AV1. Tapi, tentunya pihak Microsoft sendiri akan terus mengembangkan decoder terbaru tersebut. Jadi, pastikan Anda menjalankan fitur auto update pada Windows 10 Anda, untuk tetap mendapatkan update terbaru pengembangan dari AV1 tersebut.

Walaupun masih sangat jarang video yang menggunakan codec AV1 ini, tapi kalau Anda memang sudah ingin bersiap-siap mulai dari sekarang, maka Anda bisa langsung menuju ke halaman Microsoft Store untuk mendapatkan decoder tersebut. Atau Anda bisa mengklik link ini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY