Fitur troubleshooting pada sistem operasi Windows 10 memang bisa dikatakan cukup membantu dalam menyelesaikan permasalahan dari sistem operasi itu sendiri. Pasalnya, Anda tidak perlu mengutak-atik lagi menu yang lain. Karena, Anda cukup mengklik fitur troubleshoot tersebut, maka permasalahan sistem yang Anda alami pun akan langsung diselesaikan secara otomatis.

Misalnya saja, laptop yang tidak bisa konek ke hotspot, maka Anda cukup mengklik ikon WiFi di tray icon, lalu pilih Troubleshoot problems, dan Windows pun akan secara otomatis mencari tahu masalahnya dan menyelesesaikannya untuk Anda.

Cara menjalankan fitur troubleshooter secara otomatis saat ada masalah

Kalau Anda harus mengklik lagi fitur troubleshoot tersebut tentunya masih cukup merepotkan. Di samping itu pula, ada beberapa permasalahan sistem yang mengharuskan Anda menggunakan fitur troubleshoot lebih ribet lagi pastinya. Untuk itu, Anda yang memang tidak ingin diribetkan dengan proses troubleshooting pada Windows 10 ini, maka Anda bisa mencoba mengaktifkan fitur troubleshooter secara otomatis jika ada masalah pada sistem.

Untuk langkah-langkahnya itu adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Settings > Update & Security > Troubleshoot.
  • Klik pada link yang bertuliskan ” Recommended troubleshooting settings.”
  • Kemudian Anda pun akan berada pada halaman Diagnostics and Feedback. Di tahapan ini, Anda pun akan dihadapkan dengan 3 pilihan atau opsi. Tapi, Anda cukup memilih opsi terakhir yang bertuliskan, Fix problems for me without asking.
  • Opsi tersebut nantinya akan membuat fitur troubleshoot langsung aktif secara otomatis saat mendapatkan masalah sistem.

Kalau Anda ingin menonaktifkan pengaturan ini atau mengembalikan ke posisi default, maka Anda pilih saja opsi pertama.

Hasil troubleshooting otomatis

Proses troubleshooting yang dilakukan tentunya akan membuat Anda bertanya-tanya bukan? Apa saja yang diperbaiki oleh fitur tersebut. Untuk mengetahuinyam maka Anda bisa kembali ke halaman Settings > Update & Security > Troubelshoot, lalu klik pada opsi View History. Di dalamnya Anda akan melihat apa saja yang sudah diperbaiki oleh fitur ini secara otomatis. Kalau perbaikan secara manual, tidak akan muncul di halaman ini.

Fitur troubleshoot ini pun tidak hanya membantu dalam memperbaiki masalah secara otomatis. Para pengguna pun akan mendapatkan penjelasan mengenai masalah atau pun rekomendasi tambahan untuk memberikan tambahan pengalaman kepada para pengguna.

Akhir kata

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur troubleshooter yang bisa bekerja secara otomatis saat terjadi masalah pada sistem, tanpa harus membuat Anda repot dalam mengaktifkannya. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY