Untuk Anda yang memang sebelumnya sebagai pengguna sistem operasi Linux, file .sh dan Shell Script ini tentu sudah asing lagi. Pasalnya, kedua file tersebut memang digunakan pada sistem operasi Linux kebanyakan. Akan tetapi, bagaimana kalau ternyata Anda harus bekerja dengan sistem operasi Windows 10, dan ternyata ada beberapa file .sh dan Shell Script yang perlu untuk Anda jalankan?

Nah, pada sistem operasi Windows 10 sudah memungkinkan untuk menjalankan file .sh dan Script Shell dari Linux tersebut loh! Kalau Anda penasaran bagaimana caranya? Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai.

Cara menjalankan file .sh atau Shell Script di Windows 10

Bash adalah bahasa shell dan perintah Unix yang bisa menjalankan file Shell Script. Bash in sendiri sudah ada pada sistem operasi Windows 10, sehingga Anda pun tidak perlu lagi menginstal sistem operasi Linux di komputer Anda. Untuk mengetahui lebih lengkap caranya, silahkan Anda simak di bawah ini:

1. Jalankan file Script Shell menggunakan WSL

  • Langkah pertama yaitu dengan menginstall WSL atau Windows Subsystem Linux.
  • Setelah itu, silahkan Anda buka halaman Settings > Update & Security > For Developers. Pastikan Developer Mode sudah dicentang atua dipilih. Kemudian, cari Windows Features, dan pilih Turn Windows features on or off.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan WSL, kemudian berikan tanda centang pada kotak, dan Install. Setelah selesai, pastikan untuk restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan. Jika komputer sudah kembali menyala, maka BASH ini pun akan tersedia di Command Prompt dan PowerShell.

Menjalankan File Script Shell

  • Buka halaman Command Prompt Anda, lalu silahkan Anda langsung menuju ke folder tempat file Script Shell tersebut Anda simpan.
  • Ketik Bash script-filename.sh dan tekan tombol enter.
  • Script tersebut pun akan langsung berjalan pada komputer Anda.

2. Menjalankan Script Shell menggunakan Ubuntu di Windows 10

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan menginstall Linux Ubuntu atau pun distro Linux yang cukup familiar bagi Anda. Setelah terinstall, maka sistem operasi Ubuntu ini tetap bisa membuka file-file Windows 10 Anda, yang ada di /mnt. Untuk drive atau partisi C, bisa Anda akses di /mnt/C, begitu pula untuk partisi D, E, dan seterusnya. Misalnya, saja Anda ingin mengakses halaman desktop Windows 10 Anda sebelumnya, maka Anda bisa membukanya melalui /mnt/c/users/<username>/desktop.

  • Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:
  • Ketik perintah Bash pada Command Prompt, untuk membuka terminal Linux yang telah terinstall sebelumnya.
  • Kemudian, silahkan Anda mengarah ke folder tempat script tersimpan, dengan menggunakan perintah cd.
  • Ketik perintah sh script.sh dan tekan tombol enter.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengakses file-file Linux, seperti .sh dan script shell di Windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar aritkel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY