Driver pada komputer merupakan bagian yang terpenting. Walaupun tanpa driver, hardware komputer tetap bisa digunakan, tapi performanya tentu tidak akan bekerja secara maksimal. Driver ini merupakan sebuah software yang menjadi penghubung antara sistem operasi dengan hardware. Di mana fungsi, fitur dan performa dari hardware tersebut nantinya bisa dikontrol dan dimaksimalkan melalui sistem operasi atau software-software yang membutuhkan.

Tidak hanya sekedar menginstall driver tersebut, Anda pun perlu mengupdate driver secara rutin. Setiap vendor hardware komputer pasti menyediakan update driver secara rutin. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga performa dan kompatibilitas hardware terhadap software-software atau pun sistem operasi terbaru ke depannya.

Cara update driver hardware komputer di Windows 10

Saya akan membagikan 4 cara mudah dalam melakukan update driver untuk Anda para pengguna Windows 10, yang bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Melalui fitur Device Manager

  • Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Win + X .
  • Kemudian, silahkan Anda pilih Device Manager dari daftar yang muncul.
  • Langkah selanjutnya, adalah memilih driver yang ingin Anda update, dengan cara klik kanan pada driver tersebut dan Anda pun akan melihat opsi Update, Uninstall, dan Properties, seperti contoh pada driver USB di atas.
  • Karena tujuannya adalah untuk mengupdate driver, maka silahkan Anda klik pada opsi Update.
  • Setelah Anda mengklik tombol Update, maka Anda akan diberikan 2 opsi, yaitu:

Search automatically for updated driver software

Browse my computer for driver software

  • Pilih opsi pertama untuk melakukan update secara otomatis, tapi pastikan komputer Anda sudah terhubung dengan internet ya!
  • Kalau update tersedia, maka Windows pun akan secara otomatis mendownload driver tersebut dan melakukan proses instalasi. Tapi, kalau tidak ada update yang tersedia, maka Anda akan melihat tampilan seperti ini.
  • Anda bisa lanjut dengan mengklik Search for updated drivers on Windows Update, atau menutup halaman tersebut dengan mengklik tombol OK.
  • Tapi, kalau Anda update dari driver tersebut sudah ada di komputer Anda, maka Anda tinggal memilih opsi Browse my computer for driver software.
  • Selanjutnya, silahkan akan terbuka jendela Windows Explorer, lalu Anda cari lokasi folder penyimpanan driver tersebut.
  • Anda pun tadinya bisa mengklik kanan pada nama driver yang ingin diupdate, lalu pilih Properties.
  • Setelah itu, klik pada tab Driver, dan klik tombol Update driver.

2. Melalui update Windows

Silahkan Anda tekan tombol Win + I pada keyboard, lalu pilih menu Update & Security > Update Windows, dan klik pada Check for updates. Pastikan pula Anda sudah terhubung ke internet sebelum menjalankan cara ini. Kalau ada update yang tersedia, silahkan Anda klik download dan install update tersebut.

3. Menggunakan software bawaan vendor

Biasanya, vendor dari hardware tersebut menyedikan sebuah software untuk membantu dalam melakukan update pada driver komputer dengan mudah dan cepat. Atau Anda bisa mendownload software udpate driver otomatis, seperti Driver Manager, Driver Booster, Driver Pack, atau lainnya yang Anda kenal. Namun, pastikan Anda membuat system restore sebelum mencoba cara ini ya!

4. Download driver dari website resmi vendor

Masing-masing vendor pastinya memilih website yang menyediakan halaman untuk mendownload dan informasi mengenai update terbaru dari driver. Silahkan Anda catat nama harware, atau brand, seperti Asus, nVidia, MSI atau pun lainnya. Setelah itu, Anda ketik di Google dengan kata kunci “download driver nama vendor”. Klik pada hasil pencarian sesuai dengan nama vendor, lalu download update driver sesuai dengan tanggal update terbarunya, dan langsung install jika sudah selesai.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY