Untuk versi Sticky Note yang lama opsi untuk mengubah ukuran font masih bisa dilakukan dengan mudah pada aplikasi tersebut secara langsung. Akan tetapi, fitur untuk mengubah ukuran font tersebut pun dihilangkan oleh Microsoft pada update terbaru ini. Maka dari itu, aplikasi sticky note untuk update terbaru ini memang bisa dikatakan mengalami penurunan kualitas.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengubah ukuran font dari sticky note itu lagi. Karena, Anda cukup melakukan sedikit tindakan tricky untuk melakukan perubahan font tersebut. Dan, tentunya tidak dilakukan lagi di dalam aplikasi sticky note tersebut.

Pengaturan font untuk sticky note Windows 10

Dihilangkannya fitur edit font pada sticky note pada update terbaru Windows 10, oleh Microsoft ini memang bisa dikatakan adalah sesuatu yang aneh. Padahal, sebuah sistem operasi akan lebih baik dan lebih kompleks dalam penggunaannya kalau memang memiliki banyak fitur-fitur tambahan untuk mempermudah para penggunanya. Apalagi dengan sistem operasi Windows 10 terbaru ini, yang memang digadang-gadang memiliki segudang fitur terbaik.

Tapi, siapa yang bisa menyangka kalau pihak pengembang sendiri dalam hal ini adalah Microsoft yang menghilangkan fitur tersebut.

Trik mengubah ukuran font sticky note di Windows 10

Karena cara ini memang sedikit tricky, maka ini bisa mempengaruhi keseluruhan pengaturan font pada sistem operasi Windows 10 Anda. Jadi, ada baiknya Anda melakukan mengaktifkan system restore point terlebih dulu. Sehingga saat terjadi masalah, Anda bisa mengembalikannya ke pengaturan yang sebelumnya.

  • Untuk langkah pertama, yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka menu Settings dengan menekan tombol Win + I pada keyboard.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik pada menu Ease of Access.

  • Setelah memasuki menu Ease of Access tersebut, maka silahkan Anda lanjut dengan memilih Display yang ada pada daftar menu sebelah kiri. Pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat opsi yang bertuliskan Make text bigger. Silahkan Anda tarik toggle tersebut untuk memilih ukuran font yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Hal yang perlu Anda ketahui di sini, adalah cara ini tidak hanya berpengaruh pada sticky note saja, melainkan akan melakukan perubahan pada keseluruhan ukuran font pada Windows 10 Anda.

Metode lain yang bisa Anda coba adalah mengubah tampilan atau kurang font pada halaman desktop saja. Pengaturannya masih berada pada halaman yang sama seperti di atas, dan Anda cukup melakukan scroll ke bawah sedikit sampai menemukan opsi Change the size of apps and text on the main display.

Secara default biasanya akan terlihat opsi 100%. Kalau Anda ingin membuat font pada halaman desktop dan aplikasi-aplikasinya lainnya di desktop menjadi lebih besar, maka Anda cukup mengubahnya menjadi 125%. Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah dilakukan.

Kalau memang dari semua cara di atas belum bisa memenuhi keinginan Anda, maka Anda bisa mencoba mencari aplikasi pihak ketiga untuk melakukan perubahan pada aplikasi sticky note tersebut.

Akhir kata

Semoga artikel yang ada di atas bisa membantu dalam mengatasi masalah Anda. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY