Kursor mouse pada komputer secara default memiliki tampilan berupa tanda panah yang sedikit miring ke arah kiri. Kursor inilah yang membantu kita untuk menyeleksi tulisan, mengklik tombol, mengakses folder, membuka file, dan hal lainnya untuk mempermudah pekerjaan pada komputer. Kursor ini sendiri ada pada semua jenis sistem operasi, bahkan pada Linux yang kebanyakan menggunakan sistem CLI (Command Line Interface).

Cara kostumisasi kursor di Windows 10

Beberapa dari kita mungkin sudah merasa bosan dengan tampilan kursor mouse yang ada pada sistem operasi Windows ini. Sehingga, memiliki keinginan untuk mengubah bentuk, warna atau pun ukuran dari kursor tersebut. Untuk pengguna komputer yang mungkin memiliki kekurangan dalam penglihatan, mengubah ukuran, bentuk dan warna dari kursor tersebut tentunya akan sangat membantunya dalam menggunakan komputer.

Untuk itu, pada artikel kali ini, Saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah ukuran dan juga warna pada kursor tersebut, bagi pengguna sistem operasi Windows 10.

1. Ubah ukuran default dari kursor

Untuk mengubah ukuran dari kursor mouse, maka silahkan Anda langsung buka halaman Settings dengan menekan tombol Windows + i. Setelah itu, lanjut menuju ke menu Ease of Access, lalu pilih opsi Cursor and Pointer dari daftar.

Nah, di bagian panel sebelah kanan, Anda akan melihat fitur yang bertuliskan Change pointer size. Silahkan Anda tarik slider tersebut ke arah kanan untuk memperbesar tampilan kursor, dan ke arah kiri untuk memperkecilnya. Silahkan Anda konfigurasi sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

2. Ubah warna default kursor

Untuk mengubah warna dari kursor, maka silahkan Anda masuk kembali ke halaman Ease of Access tersebut. Lalu, klik lagi pada menu Cursor and Pointer, dan menuju ke tab Change Pointer Color. Dari sini, Anda pun bisa dengan mudah mengubah warna dari kursor, sesuai dengan keinginan Anda.

3. Ubah skema kursor (pointer) mouse

Untuk poin yang ketiga ini adalah kostumisasi atau tampilan dari kursor tersebut. Sistem operasi Windows sendiri memang telah menempatkan beberapa skema dari kursor pada tampilannya. Fitur ini sendiri memang sudah ada pada versi-versi Windows sebelumnya, jadi akan tidak asing lagi untuk Anda pengguna sistem operasi Windows sejak dari dulu.

Untuk mengakses halaman skema kursor tersebut, silahkan Anda klik pada Start Menu, lalu ketikkan Mouse Properties. Klik pada aplikasi yang muncul, lalu pilih tab yang bertuliskan Pointer. Setelah itu, klik pada menu drop-down dan Anda bisa memiliki skema (tampilan) kursor yang Anda inginkan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti ukuran, warna dan skema dari kursor yang membosankan di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tinggalkan pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY