Sistem operasi Windows memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Salah satunya itu adalah untuk membatasi hak akses pada masing-masing user yang login. Sehingga, setiap data dari masing-masing user pun tidak bisa saling terganggu satu sama lainnya. Hal ini memang cukup membantu dalam mengamankan setiap data dari masing-masing user, tapi juga akan cukup merepotkan kalau ada data penting yang memang perlu untuk diakses dari user lainnya.

Cara mengganti kepemilikan file user di Windows 10 menggunakan perintah CMD

Beberapa file penting, seperti file system atau pun lainnya biasanya ingin diakses oleh beberapa user untuk kepentingan pekerjaan. Tapi, karena adanya hak akses pada masing-masing user ini, maka proses edit file tersebut akan sulit untuk dilakukan. Biasanya hanya user Administrator saja yang bisa mengakses file apa pun dari masing-masing usernya. Tapi, kalau memang file tersebut sudah diambil alih oleh user tersebut, baik user lainnya atau pun Administrator tidak bisa lagi mengedit file tersebut.

Maka dari itu, pada artikel kali ini, Saya akan membagikan kepada Anda cara untuk mengubah kepemilkan file user di Windows 10 cukup dengan menggunakan perintah-perintah Command Prompt (CMD) saja. Bagi Anda yang ingin mencoba cara ini, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard Anda. Setelah itu, silahkan Anda pilih menu Command Prompt (Admin) dari daftar yang muncul di sebelah kanan layar.
  • Setelah halaman Command Prompt tersebut terbuka, maka silahkan Anda ketikkan perintah seperti yang ada di bawah ini, dan jangan lupa akhiri dengan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut:

takeown /f full_folder_path /r /d y

  • Pada kata yang bertuliskan full_folder_path di atas, silahkan Anda ganti dengan alamat folder yang ingin Anda akses (edit) tersebut.
  • Jika perintah pertama di atas sudah Anda jalankan, maka lanjut lagi pada perintah berikutnya, seperti yang ada di bawah ini:

icacls full_folder_path /grant username:F /t /q

  • Pada kata yang bertuliskan username, Anda ganti dengan nama user Anda sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat contoh kasus di bawah ini:

Misalnya Anda ingin mengambil alih hak akses untuk Users/Public yang ada pada drive C untuk user Alex. Maka Anda cukup menerapkan perintah seperti ini.

takeown /f C:\Users\Public /r /d y

icacls C:\Users\Public /grant alex:F /t /q

Kini folder dan file-file yang ada di dalamnya pun sudah bisa Anda akses dan edit sesuka hati.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan jika ingin mengubah atau mengganti kepemilikan file pada sistem operasi Windows 10, dengan menggunakan perintah Command Prompt (CMD).

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY