Untuk Anda pengguna Windows 7 ke bawah, saat Anda mengklik ikon My Computer atau menekan tombol shortcut Win + E pada keyboard, pasti akan mengarahkan Anda ke halaman Windows Explorer yang memperlihatkan daftar drive atau partisi komputer Anda. Berbeda pada sistem operasi Windows 10 saat ini. Di mana saat kita mengklik ikon My PC atau This PC, maka akan mengarahkan ke halaman Quick Access.

Hal inilah yang terkadang membuat para pengguna Windows 10 merasa bingung hingga panik saat membuka Windows Explorer-nya, dan tidak menemukan daftar partisi dari media penyimpanan PC atau laptopnya.

Quick Access pada Windows 10

Saat Anda mengklik This PC pada Windows 10 untuk tujuan membuka Windows Explorer dan mengakses data, maka Anda pun secara default akan diarahkan ke halaman Quick Access. Fitur Quick Access yang ditambahkan oleh Microsoft pada Windows 10 sendiri sebenarnya, untuk mempermudah dan para pengguna dalam mengakses file atau folder yang sering dibukanya.

Akan tetapi, bagi sebagian pengguna yang masih awam akan hal tersebut pastinya akan bingung untuk mencari tahu letak dari file-file penting di media penyimpanannya.

Cara menampilkan daftar partisi saat membuka Windows Explorer di Windows 10

Untuk Anda para pengguna Windows 10 yang belum terbiasa dengan tampilan terbarunya, khususnya pada saat membuka halaman Windows Explorer yang malah diarahkan ke Quick Access, maka Saya akan membagikan cara untuk mengubahnya. Sehingga, nantinya saat Anda membuka file Explorer atau menggunakan shortcut Win +E, Anda pun bisa langsung di arahkan ke halaman partisi dari media penyimpanan Anda.

Seperti apa langkah-langkahnya, silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

  • Buka Windows Explorer Anda seperti biasanya, bisa dengan klik pada This PC atau menggunakan shortcut Win +E. Setelah itu, klik kanan pada ikon Quick Access yang ada di sebelah kiri, kemudian pilih Options.

  • Sampai di sini halaman Folder Options pun akan terbuka.
  • Pada tab General, silahkan Anda cari label yang bertuliskan Open File Explorer to.
  • Kemudian dari daftar menu drop down yang muncul, silahkan Anda ubah Quick Access menjadi This PC.
  • Setelah sampai pada tahapan tersebut, untuk menyimpan pengaturan tersebut silahkan Anda klik tombol Apply dan Ok.

Untuk mengecek apakah cara ini berhasil atau tidak, maka silahkan Anda tutup Windows Explorer tersebut, lalu buka kembali seperti biasanya. Anda pun akan langsung di arahkan ke halaman This PC atau tampilan klasik seperti pada Windows Explorer di Windows 7 ke bawah, yang menampilkan daftar partisi dari media penyimpanan Anda.

Akhir kata

Itulah cara yang bisa Anda coba untuk mengubah tampilan klasik Windows Explorer Anda saat membukanya. Kalau Anda cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY