Bagi pengguna komputer dengan sistem operasi Windows, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Recicle Bin. Recicle Bin ini sendiri memang sudah ada pada sistem operasi Windows versi-versi terdahulu, dan juga pada versi Windows 10 terbaru saat ini.

Recycle Bin ini sendiri memang sangatlah membantu dalam mengatur file-file yang tidak diperlukan di dalam komputer. Akan tetapi, di lain sisi, Recycle bin ini pun bisa membuat kapasitas dari ruang penyimpanan Anda menjadi membengkak atau penuh. Pasalnya, file-file yang Anda hapus seperti biasanya (Delete) masih akan tersimpan di dalam Recycle bin. Untuk itu, Anda harus kembali mengosongkan Recycle bin tersebut secara manual setiap waktu, untuk menghindari hardisk yang selalu penuh.

Cara membersihkan Recycle bin secara otomatis di Windows 10

Untuk cara yang satu ini kita membutuhkan yang namanya aplikasi khusus yang bernama Auto Recycle Bin. Aplikasi ini memang akan sangat membantu dalam menghemat waktu Anda untuk membersihkan satu-persatu file yang ada di dalam Recycle bin komputer Anda. Sehingga, Anda pun tidak perlu lagi repot-repot mengecek Recycle bin tersebut dan menghapusnya secara manual.

Kapasitas dari aplikasi ini pun sangatlah kecil dan juga ringan untuk digunakan komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Hebatnya lagi, Auto Recycle Bin ini pun sudah memisahkan pengaturan antara partisi (Drive) yang ada di media penyimpanan Anda. Jadi, semua partisi di komputer Anda pun lebih lowong untuk menyimpan file yang lebih banyak. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini pun akan menampilkan persentase dari kapasitas Recycle bin dan juga ruang yang masih kosong di komputer Anda.

Pada bagian bawahnya, Anda bisa mengkonfigurasi batasan hari dari file yang bisa disimpan di dalam recycle bin tersebut. Anda pun bisa melakukan pengaturan kapasitas daya tampung dari recycle bin di komputer Anda.

Aplikasi ini juga akan memperlihatkan daftar dari file yang telah dihapus sesuai dengan urutannya. Anda bisa memilih dengan memberikan tanda centang pada setiap file yang ingin Anda hapus dari Auto Recycle Bin tersebut, atau Anda bisa langsung memilih semuanya dan menghapus.

Pengaturan tersebut berlaku juga untuk setiap drive atau partisi yang ada di komputer Anda.

Untuk menetapkan pengaturan file yang dihapus secara otomatis, maka Anda cukup mengklik tombol Settings. Di sini Anda akan diberikan 2 mode untuk menghapus file, yaitu manual dan otomatis. Kalau Anda memilih secara manual, maka Anda tentunya akan menghapus file di recycle bin secara manual. Tapi, kalau Anda ingin otomatis, maka And pun opsi On the Windows OS Startup, di mana penghapus file yang ada di recycle bin akan dilakukan secara otomatis saat komputer Windows Anda dinyalakan.

Untuk mendapatkan aplikasi atau software ini, maka Anda bisa mendownloadnya melalui halaman cyrobo.com/software/systm-en-allabout-rebina-.php

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY