Perangkat smartphone saat ini sudah bisa dikatakan memiliki fitur yang cukup kompleks. Bahkan, beberapa smartphone sudah bisa mengganti fungsi dari sebuah komputer. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa laptop yang tentunya memiliki ukurang lebih besar dari smartphone. Di samping itu pula, Anda pun bisa mengontrol perangkat Android tersebut melalui komputer.

Software DeskDock untuk mengontrol hp Android dari komputer

Beberapa dari kita sendiri mungkin lebih nyaman menggunakan mouse dan keyboard, sedangkan pada perangkat Android tidak menyediakan hal tersebut. Nah, software DeskDock ini memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Android melalui komputer dengan keyboard dan mouse. Sehingga, Anda pun bisa memainkan game-game kesukaan dengan menggunakan mouse atau keyboard.

Cara menggunakan DeskDock di Windows

Sofware DeskDock ini sendiri sebenarnya tersedia untuk banyak platform, dan salah satunya adalah Windows. Cara menggunakannya itu tidaklah terlalu rumit atau hanya beberapa langkah sederhana saja. Kalau Anda ingin mencobanya, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pasang perangkat Android Anda ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB, dan tempat pada posisi stabil di kiri atau kanan komputer Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda aktifkan fitur USB Debugging pada perangkat Android yang sudah terhubung tersebut.
  • Setelah muncul pop up debunggi, pastikan Anda memberikan izin untuk pop up tersebut.
  • Selanjutnya, silahkan Anda install software DeskDockServer untuk Windows dan ekstrak file tesebut ke dalam folder. Klik dua kali pada file exe DeskDockServer tersebut.
  • Jika sudah selesai dengan komputer, maka selanjutnya install aplikasi DeskDock tersebut di perangkat Android Anda melalui Google Play Store. Setelah terinstall, langsung buka aplikasinya dan izinkan semua akses yang diminta oleh aplikasi.
  • Pada aplikasi DeskDock, silahkan Anda buka tab Status dan klik tombol Connect .
  • Untuk megnecek koneksi, klik pada ikon DeskDock pada tray icon di komputer Anda. Di sini Anda pun akan melihat berapa banyak perangkat yang tersedia dan yang terhubung. Anda pun bisa dengan mudah untuk melakukan pengaturan pada aplikasi DeskDock tersebut dan menentukan pengaturan dari perangkat Anda sendiri.

Untuk mengakses hp Android dengan menggunakan mouse komputer, maka Anda cukup menggeser mouse dari layar komputer Anda ke arah laya hp Android. Misalnya, hp Android Anda letakkan di sebelah kiri, maka Anda geser mouse ke arah kiri hingga muncul di layar hp Android. Hanya saja, untuk penggunaan keyboard memang tidak tersedia untuk yang versi gratis ini.

Pengaturan lainnya bisa Anda lakukan melalui tab Advanced di DeskDockServer Settings. Hebatnya lagi, software ini bisa Anda gunakan tanpa menggunakan kabel (WiFi). Tapi, Anda harus mengetahui cara menggunakan SUB Debungging Wireless menggunakan software ADB.

Akhir kata

DeskDock ini merupakan tool terbaik untuk mengontrol perangkat Android dari komputer dengan lancar. Software ini pun tersedia secara gratis dan pro untuk membuka fitur yang lebih lengkap. Kalau Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan software ini atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan di bawah ini.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY