Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, kalau pihak Microsoft baru-baru ini mengeluarkan browser Microsoft Edge dengan menggunakan platform Chromium, namun masih dalam tahap testing preview untuk publik. Di mana browser tersebut nantinya memberikan kemmpuan seperti layaknya browser Firefox dengan mesin Chromium yang sama. Tidak hanya kemampuan dari Microsoft Edge ini yang meningkat, tapi untuk segi fitur dan lainnya pun membuat Microsoft Edge ini pasti memberikan pengalaman terbaik bagi Anda saat menggunakannya.

Cara memasang tema Chrome di Microsoft Edge terbaru

Hal yang membuat Microsoft Edge dengan mesin Chromium terbaru ini, menjadi menarik adalah pemasangan tema dari browser lain, yaitu Google Chrome. Walaupun caranya ini terbilang cukup rumit, tapi tentunya hasilnya akan membuat Anda lebih terpuaskan dengan tampilannya tersebut.

Kalau Anda penasaran tentang caranya, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Proses penginstalan tema

Untuk menginstal tema Google Chrome di browser Microsoft Edge baru, maka Anda sebaiknya mendownload terlebih dulu file tema (CRX) tersebut di komputer Anda. Tema-tema dari Google Chrome banyak tersedia pada halaman situs resminya, di chrome.google.com/webstore/category/themes.

  • Sebelumnya, Anda perlu menginstall extension Chrome yang bernama Get CRX. Install extension pada Google Chrome Anda.
  • Setelah ekstensi tersebut terinstall, maka kembali pada halaman pencarian tema Chrome, dan pilih tema yang inging Anda install. Setelah itu, silahkan Anda klik kanan pada tombol biru yang bertuliskan Add to chrome. Lalu dari opsi yang muncul, silahkan Anda pilih opsi yang bertuliskan, Get CRX of this extension. Jika selesai, mendownload, silahkan Anda buka browser Microsft Edge, dan ketikkan edge://extensions/, pada kolom url, lalu tekan tombol Enter.
  • Aktifkan switch yang bertuliskan Developer Mode, dan drag file tema (CRX) Chrome yang sudah Anda download ke halaman Ekstensi tersebut.

Sampai pada tahapan ini, browser Microsoft Edge Anda pun akan langsung menginstall tema tersebut.

2. Menghapus tema yang sudah terinstall

Ada saat di mana Anda akan bosan dengan tema tersebut, dan mungkin ingin menghapusnya untuk kembali ke tema default dari Microsft Edge. Untuk itu, Anda perlu mengetahui ID dari tema tersebut, dengan membuka halaman dari tema Chrome yang sudah Anda download tersebut. Nama ID-nya itu ada pada bagian terakhir dari url, seperti yang ada pada gambar di bawah ini:

  • Copy ID dari tema tersebut ke Notepad, lalu silahkan Anda buka folder berikut ini di komputer Anda:

C:\Users\<YOUR USERNAME>\AppData\Local\Microsoft\Edge SxS\User Data\Default

  • Cari file yang bernama Preference, lalu klik kanan pada file tersebut, kemudian buka dengan Notepad. Selanjutnya adalah dengan menghapus ID dari tema yang sudah Anda simpan tadi, ke dalam file Preference yang sudah terbuka tersebut, seperti pada contoh di bawah ini:

theme”:{“id”: ”

aghfnjkcakhmadgdomlmlhhaocbkloab“,”pack”

  • Ubah ke-

theme”:{“id”: ”

“,”pack”

  • Save file tersebut, dan coba tutup dan buka kembali browser Microsoft Edge Anda, untuk menerapkan perubahan.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY