Sistem operasi Windows 10 memang hadir dengan berbagai aplikasi atau software bawaan. Namun, beberapa dari software tersebut bisa dikatakan tidak berguna sama sekali, seperti software Movies and TV. Fitur ini sendiri sebenarnya ditambahkan untuk layanan Video Premium dari Microsoft. Tapi, layanan itu sendiri sudah tidak ada saat ini. Untuk itu, kalau memang aplikasi ini tidak diperlukan lagi, maka Anda bisa menghapusnya dengan cara yang bisa Anda baca hingga selesai di artikel ini.

Cara menghapus aplikasi Movies and TV di Windows 10

Dari segi tampilan, aplikasi Movies and TV di Windows 10 ini memang tidak terlihat seperti aplikasi Microsoft lainnya. Sebenarnya, untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa saja menambahkan link media server untuk film dan TV. Tapi, masih banyak software yang lebih baik dari ini, seperti Plex atau pun Kodi.

Kalau memang sudah tidak diperlukan lagi, maka Anda bisa menghapusnya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Uninstall Movies and TV app dari Start Menu

Cara pertama ini sangat cocok untuk para pengguna yang masih awam dengan fitur di Windows 10. Yaitu, melalui Start Menu, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik pada ikon Windows di sudut kiri bawah untuk membuka Start Menu, lalu langsung ketikkan Movies and TV.
  • Klik kanan pada aplikasi Movies and TV yang muncul dari hasil pencarian.
  • Kemudian klik pada opsi Uninstall.

2. Uninstall aplikasi Movies and TV melalui halaman Settings

  • Tekan tombol Win + i pada keyboard untuk membuka halaman Settings Windows. Setelah berada di dalam halaman Settings, silahkan lanjut klik pada menu System > Apps and Features.
  • Klik pada Movies and TV App yang ada di daftar.
  • Klik pada tombol Uninstall yang ada di bawahnya untuk menghapus Movies and TV dari Windows 10.

3. Gunakan perintah PowerShell

Kalau Anda termasuk pengguna yang sudah pada level Expert di Windows, maka Anda bisa menggunakan perintah PowerShell untuk menghapusnya.

Silahkan Anda jalankan Powershell sebagai administrator, lalu jalankan perintah untuk menghapus aplikasi Movies and TV di Windows 10 berikut:

Get-AppxPackage Microsoft.ZuneVideo | Remove-AppxPackage

4. Gunakan software pihak ketiga

Cara lain yang bisa digunakan untuk pengguna yang masih awam dengan Windows 10, adalah software pihak ketiga. Ada banyak sekali software untuk menghapus aplikasi bawaan (Bloatware) dari Windows 10 ini, seperti 10AppsManager, CCleaner, Store Applications Manager, atau AppBuster untuk menghapus instalasi aplikasi bloatware yang tidak diinginkan di Windows 10.

Akhir kata

Cara-cara di atas tidak hanya digunakan untuk menghapus aplikasi Movies and TV di Windows 10 saja, tapi bisa juga untuk beberapa aplikas bloatware yang tidak Anda inginkan lagi. Kalau And memiliki metode atau cara tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY