Saat membuat sebuah tutorial untuk dibagikan kepada publik, melalui sosial media atau media streaming seperti Youtube, biasanya kita menggunakan software Microsoft PowerPoint. Tapi, untuk bisa merekam hasil presentasi tersebut langsung di layar komputer Anda, maka Anda tentunya butuh aplikasi atau software merekam layar. Ada banyak sekali software yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar di komputer. Tapi, pihak Microsoft ternyata sudah menambahkan fitur perekam layar sendiri untuk Microsoft PowerPoint tersebut.

Menggunakan fitur perekam layar di dalam PowerPoint

Fitur ini sendiri memang terbilang baru pada Microsoft PowerPoint tersebut. Jadi, pastikan Anda sudah menginstall Microsoft Office terbaru di komputer Anda. Untuk cara penggunaannya, silahkan Anda simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Membuat area rekaman layar

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan membuka aplikasi PowerPoint tersebut, lalu klik pada tab Insert yang ada di toolbar. Selanjutnya, silahkan Anda buka pada Media, dan pilih Screen Recording.

Kini layar Anda pun akan terlihat sedikit blur, dan Anda pun akan melihat opsi-opsi pengontrol dengan beberapa tombol seperti berikut:

  • Select Area
  • Record
  • Audio Pointer

Silahkan Anda pilih opsi pertama, yaitu Select Area, lalu silahkan Anda drag area yang ingin Anda reekam tersebut. Tapi, kalau Anda ingin merekam keseluruhan layar, maka cukup tekan tombol Windows + Shift + A. Jika sudah siap, silahkan Anda klik pada tombol Record.

2. Menyimpan dan mengedit rekaman layar

Setelah Anda selesai merekam, tekan tombol ‘Pause’ yang ada pada Control Dock, lalu klik tombol Stop untuk menghentikan proses rekaman layar Anda.

Untuk menyimpan hasil rekaman tersebut, silahkan Anda klik pada slide yang Anda rekam tadi, lalu pilih pada opsi yang bertuliskan Save Media as. Kemudian, silahkan Anda arahkan ke lokasi folder untuk menyimpan file tersebut di komputer Anda, lalu klik pada tombol Save.

Jika Anda ingin melakukan sedikit pengeditan pada video tersebut, maka silahkan Anda klik kanan pada video, dan klik pada opsi Trim. Opsi trim ini untuk memotong atau menghapus video yang tidak ingin Anda tampilkan.

Kalau Anda sudah pernah menggunakan software edit video sebelumnya, maka Anda pasti akan mudah untuk menggunakan fitur edit ini nantinya.

Akhir kata

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunkan fitur perekaman layar di dalam Microsoft Office PowerPoint. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY