Sistem operasi Windows 10 memang digadang-gadang memiliki sistem keamanan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Di sini Anda bisa dengan mudah untuk mengamankan file-file yang ada di dalam komputer. Karena, masing-masing file yang ada di Windows 10 ini bisa Anda konfigurasi untuk user tertentu. Sehingga, akun-akun lainnya yang tidak terdaftar pada file tersebut, tidak bisa membuka file tersebut.

Hanya saja, yang terkadang menjadi masalah, kalau akun pemilik file tersebut lupa password atau tidak sengaja terhapus. Hal ini tentunya akan membuat pemilik file bingung untuk membuka kembali file tersebut. Hanya user Administrator saja yang bisa mengedit file-file tersebut dan melakukan pengaturan atau konfigurasi user kembali.

Cara mengubah ownership (kepemilikan) file di Windows 10

Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, dan Anda memegang user Administrator, maka Anda bisa membuka ownership file tersebut ke user lain dengan langkah-langkah yang sederhana seperti di bawah ini:

  • Buka halaman Explorer, dan silahkan Anda langsung menuju ke file atau folder yang ingin Anda ubah kemepilikannya tersebut.
  • Klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi Properties.
  • Berikutnya, klik pada tab Security, dan di klik lagi tombol Advanced yang ada di sudut kanan bawah untuk membuka pengaturan keamanan yang lebih detail pada file atau folder tersebut.
  • Pada halaman ini, Anda bisa melihat siapa user yang memiliki file tersebut. Silahkan Anda klik pada link Change yang ada baris kedua dari atas pada tab Owner. Halaman Select User or Group pun akan terbuka, dan lanjut dengan mengklik tombol Advanced, lalu klik tombol Find Now.
  • Anda akan melihat daftar dari semua user yang terdaftar di komputer Windows 10 tersebut, serta group yang tersedia. Silahkan Anda pilih pada user yang ingin Anda pindahkan kepemilikan dari file atau folder tersebut, lalu klik tombol OK.
  • Kini Anda akan kembali ke halaman Advance Security Settings, lalu user pun akan berubah sesuai dengan yang Anda pilih.
  • Setelah itu, silahkan Anda berikan tanda centang pada 2 opsi, yaitu:

Replace owner on subcontainers and objects

Replace all child permission entries with inheritable permission entries from the object.

  • Terakhir, klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan yang Anda lakukan.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengganti hak kepemilikan file atau folder di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah ini.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY