Adanya update pada sistem operasi Windows tentunya sangat dibutuhkan oleh sistem operasi Windows itu sendiri. Update ini sendiri biasanya akan diberikan secara berkala oleh Microsoft secara langsung. Adanya update-update tersebut biasanya juga akan langsung diikuti oleh penambahan fitur dan perbaikan bug.

Walaupun update tersebut nantinya akan memberikan update berupa tambahan fitur atau pun perbaikan bug, akan tetapi, terkadang terjadi masalah atau error pada proses update itu sendiri. Salah satu kode error saat proses update tersebut adalah 0x80070BC9. Pesan atau kode error yang lebih lengkap tersebut bisa Anda lihat di bawah ini:

“0x80070BC9 – ERROR_FAIL_REBOOT_REQUIRED. The requested operation failed. A system reboot is required to roll back changes made.”

Memperbaiki Windows Update Error 0x80070BC9

Munculnya error ini saat melakukan update Windows 10, biasanya disebabkan oleh masalah pada software yang baru saja Anda install, file update Windows yang rusak atau karena kebijakan yang membatasi modul Windows Update Installer. Windows Modules Installer Worker atau WMIW atau TiWorker.exe merupakan aplikasi atau fitur untuk melakukan pengecekan update terbaru dari server Windows, kemudian melakukan penginstalan atau pemasangan pada sistem operasi penggunanya.

Maka dari itu, Anda harus pastikan terlebih dulu, kalau Anda tidak memiliki kebijakan apa pun yang mengontrol Modul Windows Installer tersebut. Untuk memastikan dan menyelesaikan masalah error pada Windows Update Installer tersebut, maka Anda bisa mencoba solusi yang ada di bawah ini:

  1. Periksa status Windows Modules Installer Worker Service

Untuk mengecek opsi tersebut, silahkan Anda buka halaman Services Manager dan cari layanan Windows Modules Installer Worker Service, lalu lakukan pemeriksaan pada statunya. Di samping itu pula, jenis startup dari service tersebut harus dalam posisi Manual. Setelah itu, silahkan Anda klik tombol Start. Kemudian, silahkan Anda mencoba melakukan update Windows lagi.

Kalau cara pertama ini belum memberikan hasil, maka coba cara kedua di bawah.

  1. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Cara kedua yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menggunakan Windows Update Troubleshooter. Beberapa pengguna memang sudah sering mengalami masalah seperti dan melakukan perbaikan dengan menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi Windows, yaitu Windows Update Troubleshooter.

Untuk menjalankan fitur tersebut, maka Anda bisa membukanya melalui, Klik Start > Settings > Updates and Security > Troubleshoot. Selanjutnya, silahkan Anda pilih opsi Windows Update Troubleshooter, lalu klik tombol RUN. Setelah selesai, silahkan restart komputer Anda.

  1. Uninstall software atau aplikasi yang baru saja Anda install

Kalau masalah ini terjadi sesaat setelah Anda menginstall software atau aplikasi yang baru, maka coba uninstall kembali software tersebut.

  1. Coba gunakan hak Administrator untuk pengaturan lanjutan

Kalau komputer yang Anda gunakan ini adalah komputer kantor atau perusahaan, maka Anda bisa meminta pihak Admin IT untuk melakukan proses instalasi Windows Update tersebut. Karena, kemungkinan pengaturan ini membutuhkan hak akses untuk Administrator untuk membukanya.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY