Aplikasi Windows Store pada sistem operasi Windows 10 sudah semakin berkembang. Banyaknya fitur dan kemudahan untuk para pengguna dalam mencari aplikasi yang dibutuhkan. Hanya saja, terkadang aplikasi ini memang mengalami sedikit gangguan, yang salah satunya itu adalah tidak bisa terhubung ke servernya, padahal internet tetap aktif.

Mengatasi Aplikasi Windows Store tidak dapat terhubung ke internet

Kalau kita membahas masalah internet seperti ini, maka kemungkinan terbesarnya itu ada pada settingan koneksi internet pada Windows 10 Anda. Tapi, tentunya hal ini perlu dilakukan pengecekan lebih dalam lagi. Maka dari itu, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

  1. Ganti koneksi internet

Kalau Anda menggunakan koneksi WiFi, maka silahkan Anda ganti ke koneksi kabel (Ethernet), atau bis sebaliknya.

  1. Jalankan Windows Store Troubleshoot

Troubleshooter tools yang tersedia di Windows 10 bisa sangat membantu dalam mengatasi setiap permasalahan pada aplikasi dan fitur bawaan dari Windows 10 tersebut, termasuk pula pada aplikasi Windows Store ini. Untuk penggunaan Windows Store Troubleshoot ini, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Settings Windows 10.
  • Klik Update & Security > Troubleshoot.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan aplikasi Windows Store, dan klik pada aplikasi tersebut.
  • Klik pada tombol Run troubleshoot.
  1. Jalankan Internet Troubleshoot

Untuk tips yang ketiga, Anda juga perlu menjalankan troubleshoot pada koneksi internet Anda. Cara melakukan troubleshoot internet ini sangatlah mudah. Anda cukup mengklik kanan pada ikon LAN/WiFi yang ada di sudut kanan bawah layar (Tray Icon). Lalu pilih pada opsi Troubleshoot Problems.

  1. Reset cache Windows Store

Masalah cache pada Windows memang terkadang cukup mengganggu, apalagi untuk urusan konektivitas. Maka dari itu, Anda perlu juga untuk menghapus cache dari aplikasi Windows Store ini untuk mengatasi masalah tersebut. Menghapus Cache Windows Store tidak akan menghapus aplikasi atau pengaturan apa pun, karena proses ini hanya akan menghapus data sementara dan membuat Windows Store Anda berjalan seperti pertama kali membukanya.

  1. Reset Jaringan

Solusi atau tips terakhir yang bisa Saya berikan untuk masalah ini adalah dengan melakukan reset pada jaringan. Langkah-langkahnya itu adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Settings
  • Selanjutnya, pilih pada menu Network & Internet > Network Reset.
  • Selanjut, klik pada tombol Reset now untuk memulai proses reset jaringan tersebut. Cara ini akan menghapus dan juga menginstall ulang semua adapter jaringan dan akan kembali ke konfigurasi defaultnya. Jadi, kalau Anda memiliki pengaturan proxy atau VPN, maka pastikan untuk melakukan backup, karena proses ini akan menghapuskan itu semua.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan kalau mengalami masalah Window Store yang tidak bisa terhubung ke internet. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY