Explorer pada Windows tentunya adalah fitur yang sudah paling banyak dikenal oleh para pengguna komputer. Pasalnya, untuk membuka file-file yang tersimpan di dalam komputer, Anda tentunya akan membuka Windows Explorer ini terlebih dulu. Tanpa adanya Windows Explorer ini, Anda tidak bisa membuka program atau aplikasi lainnya pada komputer Anda pastinya.

Windows Explorer ini sendiri sudah ada sejak versi pertama dari sistem operasi Windows itu sendiri. Dan, tentunya pada sistem operasi Windows 10 saat ini pun sudah mendapatkan update atau penambahan fitur terbaru. Sehingga para penggunanya pun akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakannya.

Masalah pada Windows Explorer

Karena ini merupakan salah satu fitur terpenting pada Windows, sehingga saat Windows Explorer tersebut mengalami masalah atau kerusakan, maka Anda tentunya akan kesulitan untuk mengakses file-file yang tersimpan dan juga program di komputer Anda.

Namun, kalau Anda mengalami masalah tidak bisa membuka File Explorer pada Windows 10, maka tidak perlu khawatir terlalu khawatir. Ini hanya masalah normal yang banyak dihadapi oleh para pengguna Windows, khususnya untuk para pengguna yang baru saja melakukan update versi Windows 10 terbaru.

Cara memperbaiki Windows Explorer yang tidak bisa terbuka

Ada beberapa penyebab dari masalah Windows Explorer yang tidak bisa terbuka di Windos 10 ini. Sehingga, kami tidak bisa menyebutkannya satu persatu. Tapi, untuk bisa memperbaiki masalah tersebut, sehingga Anda bisa membukanya kembali, maka Anda bisa mengikut beberapa cara di bawah ini:

Cara 1: Mengubah pengaturan tampilan

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan di sini adalah mengklik start menu, lalu klik pada ikon gear untuk membuka halaman Settings Windows 10. Atau Anda bisa menekan tombol Win + I secara bersamaan. Jika jendela Settings tersebut sudah terbuka, selanjutnya Anda buka menu System.

  • Selanjutnya, Anda klik pada menu Display. Pada panel sebelah kana, silahkan Anda ganti ukuran teks menjadi 100%, 125% atau 200%. Jangan memilih opsi 175%, karena kemungkinan besar hal itulah yang menjadi penyebab error-nya Windows Explorer Anda.

Setelah semua itu selesai, maka silahkan Anda cek apakah file Explorer Anda tersebut sudah bisa terbuka atau masih bermasalah.

Cara 2: Mengecek program yang terinstall

Masalah pada Windows Explorer yang tidak bisa terbuka ini juga bisa disebabkan oleh program yang error atau bermasalah. Kemungkinan juga program pihak ketiga yang sudah Anda install, tapi tidak kompatibel dengan update terbaru Windows 10 Anda. Di samping itu pula, Anda mungkin pernah menginstall program yang sudah terjangkit virus atau malware sehingga kinerja dari komputer pun akan ikut terganggu.

Cara 3: Me-restart Windows Explorer di Task Manager

Task Manager merupakan salah satu tools yang juga sangatlah berguna untuk mengatasi setiap permasalahan error pada komputer. Karena, di dalam jendela Task Manager ini, Anda bisa melihat setiap program atau aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda, termasuk pula Windows Explorer tersebut.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba me-restart Windows Explorer melalui Task Manager ini, untuk mengembalikan fungsi dari Explorer tersebut seperti semula. Untuk langkah-langkah me-restart Windows Explorer di Windows 10, maka Anda bisa melihat di bawah ini selengkapnya:

  • Silahkan Anda tekan tombol Ctrl + Esc + Shift untuk membuka jendela Task Manager. kemudian, silahkan Anda cari Windows Explorer pada tab Processes.

  • Setelah Anda menemukannya, silahkan Anda klik kanan pada Windows Explorer dan pilih opsi End task.

  • Pada langkah berikutnya, silahkan Anda klik pada menu File yang ada pada sudut kiri atas jendela Task Manager tersebut, dan pilih Run New Task.

  • Pada kolom yang muncul, Anda ketik exe, lalu tekan tombol Enter di keyboard.

Setelah Windows Explorer sudah muncul kembali, maka silahkan Anda coba buka kembali, apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Cara 4: Menghapus history file Explorer

Kemungkinan lain dari masalah Windows Explorer yang tidak bisa terbuka adalah karena history file yang bermasalah. Untuk itu, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus history dari file Explorer tersebut:

  • Pada taskbar, silahkan Anda klik kanan ikon Windows Explorer, dan pilih pada opsi Unpin from Taskbar.

  • Selanjutnya, silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada opsi File Explorer yang muncul dari daftar.

  • Pada jendela Windows Explorer yang terbuka, silahkan Anda klik kanan pada menu Quick Access yang ada pada panel sebelah kiri Options.

  • Berikutnya, pada tab General di jendela pop up Options yang muncul, silahkan Anda klik tombol Clear yang ada pada bagian bawah menu Privacy, untuk menghapus semua riwayat pencarian di file Explorer Anda.

  • Selanjutnya, Anda klik kanan pada Desktop, dan menu New > Shortcut.

  • Lalu Anda ketikkan alamat c:\windows\explorer.exe, lalu klik tombol Next. Setelah, file shortcut tersebut Anda beri nama File Explorer atau terserah dari Anda saja, dan klik tombol Finish.

  • Langkah selanjutnya, klik kanan Klik kanan pada shortcut tersebut dan pilih pada Pin to taskbar.

Cara 5: Menonaktifkan Windows Search

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu Anda pilih Command Prompt (Admin) dari daftar menu yang muncul.

  • Langkah berikutnya, klik saja pada tombol YES pada jendela UAC yang muncul.

  • Di halaman Command Prompt (CMD) tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah system32>net.exe stop “Windows Search”, lalu tekan tombol Enter seperti pada gambar yang ada di bawah ini.

Kalau Anda memang ingin mematikan Windows Search tersebut secara permanen, maka Anda bisa mengikuit langkah seperti di bawah ini:

  • Tekan tombol Windows + R pada saat bersamaan untuk membuka kolom RUN. Setelah kolom RUN terbuka ketikkan service.msc untuk membuka jendela Windows Service.

  • Cari menu Windows Search dan klik dua kali untuk membuka jendela Properties.

  • Pada tab Properties, ubah jenis Startup ke Disabled dan klik Ok.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa langkah bisa Anda coba lakukan jika Windows Explorer di komputer Windows 10 Anda tidak bisa terbuka atau error. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah. Di samping itu pula, kalau memang ada dari cara-cara di atas yang bisa membantu masalah Anda, sampaikan juga kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY