Mode tablet diperkenalkan pertama kali oleh Microsoft pada sistem operasi Windows 8. Mode ini sendiri memang sengaja dibuat, karena pada saat itu perangkat mobile (smartphone) sudah semakin berkembang dan canggih. Sehingga komputer pun sudah ada yang memiliki bentuk kecil atau mobile seperti tablet tersebut. Fitur pada mode tablet ini pun dibuat agar bisa mendukung tampilan touch screen (Layar sentuh) yang memang sedang populer di kalangan perangkat mobile.

Karena mode tablet ini terbilang baru untuk pengguna komputer (laptop dan PC), sehingga mereka belum terbiasa untuk meggunannya. Karena, memang perbedaan dari segi interface dengan Windows versi sebelumnya (Windows 7) memang sangatlah jauh berbeda. Hal ini membuat beberapa pengguna merasa kurang nyaman dalam menggunakan Windows 8 tersebut.

Cara mengatasi mode tablet yang hang di Windows 10

Kini Microsoft telah mengeluarkan sistem operasi terbaru yang diklaim membawa semua fitur dan interface dari versi sistem operasi Windows sebelumnya. Mode tablet dari Windows 8 pun tetap ditambahkan di dalamnya bagi yang merasa nyaman menggunakan mode tersebut. Akan tetapi, mode tablet tersebut tidak akan langsung seperti pada Windows 8 ya! Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu untuk bisa menggunakannya.

Akan tetapi, beberapa perangkat komputer atau tablet yang menggunakan Windows 10, umumnya akan langsung diaktifkan mode tablet tersebut, seperti pada perangkat Microsoft Surface.

Penggunaan mode tablet pada sistem operasi Windows 10 ini mendapat beberapa keluhan, karena tidak bisa dikeluarkan dari mode tersebut (Hang). Sehingga, para user pun tidak dapat mengakses file-file yang ada di dalam komputernya tersebut. Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah seperti ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Lakukan pengecekan pada pengaturan layar

  • Silahkan Anda buka halaman Windows Settings, dengan menekan shortcut tombol Win + i pada keyboard Anda.
  • Setelah berada di halaman Settings, silahkan Anda klik pada menu Personalization > Start.
  • Selanjutnya, Anda bisa melakukan scroll ke bawah untuk berpindah ke opsi Use Start Full Screen.
  • Berikutnya, silahkan Anda restart komputer Anda kemudian lakukan pengecekan pada mode tablet tersebut.

Kalau memang masalah tetap ada, maka silahkan Anda berpindah ke solusi Jika masalah tetap ada bahkan setelah Anda menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10 dalam pengaturan, mari beralih ke solusi berikutnya.

2. Shutdown komputer secara keseluruhan

Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik Command Prompt (Admin) dari menu yang muncul. Setelah itu, silahkan Anda jalankan perintah full shutdown berikut ini:

shutdown /s /f /t 0

Perintah ini pun akan langsung mematikan komputer Anda. Setelah komputer mati, maka Anda harus tunggu sebentar untuk kembali menyalakannya.

3. Restart dengan dua tombol pada perangkat Surface

  • Tekan dan tahan tombol Power kurang lebih sekitar 30 detik, lalu lepaskan.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol volume atas + power selama kurang lebih 20 detik.
  • Layar perangkat akan mulai berkedip beberapa kali, tapi pastikan untuk tetap menahan tombol tersebut, hingga perangkat Surface Anda benar-benar mati.

Setelah beberapa menit, silahkan Anda kembali hidupkan perangkat Surface Anda lagi.

4. Nonaktifkan mode Tablet melalui regedit

Silahkan Anda buka start menu, dengan mengklik ikon Windows di sudut kiri bawah layar. Setelah itu, ketikkan regedit. Setelah muncul aplikasi regedit, silahkan Anda klik kanan dan pilih Open as Administrator.

Setelah Registry Editor terbuka, silahkan Anda menuju ke lokasi berikut:

Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell

Klik kanan pada entri DWORD beri nama SignInMode. Klik dua kali pada SignInMode tersebut lalu ubah Value menjadi angka 1 dengan opsi Hexadecimal, kemudian klik tombol OK untuk menyimpan. Entri baru tersebut untuk memastikan kalau Anda akan langsung ke mode desktop setelah login ke komputer.

Selanjutnya, klik kanan lagi pada entri DWORD yang yang bernama TabletMode. Kemudian, klik dua klai, dan isi Value menjadi angka 0 dengan opsi Hexadecimal. Lalu, klik tombol OK untuk menyimpan.

Untuk menerapkan perubahan pada regedit ini, maka Anda harus melakukan restart pada komputer.

5. Lakukan system restore

Silahkan Anda klik pada Start menu, lalu ketikkan sysdm.cpl. Setelah halaman System Properties tersebut terbuka, silahkan Anda klik pada tab System Protection, dan klik tombol System Restore. Ikuti saja setiap petunjuk yang muncul di layar Anda untuk melakukan system restore pada komputer Anda.

6. Ubah pengaturan di System Tab atau Action Center

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + i untuk membuka halaman Settings di Windows 10.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik menu System > Tablet Mode.
  • Scroll hingga ke bawah untuk mengubah mode When I sign in menjadi Use desktop mode.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer, dan cek kembali masalah Mode Tablet yang hang di Windows 10 Anda.

Tablet mode ini pun bisa dengan mudah untuk Anda matikan melalui Action Center, dengan mengklik ikon pesan di sudut kanan bawah (sebelah jam) di layar komputer Anda. Lalu, Anda klik pada ikon Tablet Mode tersebut untuk mematikan dan mengaktifkan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah Tablet Mode yang hang di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY