Sistem operasi Windows 10 memang menjadi perhatian khusus oleh tim Microsoft. Pasalnya, sistem operasi ini memang adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang ditujukan tidak hanya untuk para pengguna komputer desktop atau laptop. Tapi, sistem operasi ini juga digunakan pada platform mobile, seperti smartphone atau tablet. Karena mendapatkan perhatian penuh dari Microsoft secara langsung, sistem operasi ini tentunya sering mendapatkan update juga, baik itu berupa tambahan fitur, aplikasi atau pun update lainnya.

Sebelum melakukan update untuk Windows 10, biasanya ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sebelumnya. Misalnya saja, untuk kompatibilitas hardware atau software. Jika update terbaru tersebut tidak cocok dengan software yang sudah ada, maka sistem operasi Windows 10 biasanya tidak akan melanjutkan proses updatenya atau proses instalasi update akan diblokir.

Salah satu error yang banyak ditemukan itu adalah Windows 10 update error 0xC1900209, seperti pada gambar di bawah ini,

Mengatasi masalah update Windows 10 error 0xC1900209

Untuk bisa mengindentifikasi software apa saja yang tidak kompatibel dengan update terbaru dari Windows 10 tersebut, maka Anda perlu untuk menginstall versi Windows 10 yang sesuai lalu install. Anda bisa menggunakan fitur Windows Media Creation Tool untuk mendownload versi 10 yang sesuai. Setelah file Windows 10 terdownload, maka silahkan Anda install melalui file setup.exe yang ada di dalam folder root Windows 10 yang sudah Anda download tersebut. Saat halaman install sudah muncul, maka disitu akan ditampilkan aplikasi atau software apa saja yang tidak kompatibel untuk Windows 10 tersebut.

Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error 0xC1900209 pada Windows 10 update tersebut.

1. Update software yang tidak kompatibel

Kalau memang software yang tidak kompatibel tersebut sudah memiliki update versi terbaru dari developernya, maka silahkan Anda lakukan update terlebih dulu untuk software tersebut. Anda bisa membuka halaman situs resmi dari software tersebut untuk mendapatkan update versi terbarunya.

2. Uninstall software yang tidak kompatibel

Kalau ternyata Anda tidak menemukan update terbaru dari software yang tidak kompatibel tersebut, maka silahkan Anda lakukan uninstall pada software tersebut.

Proses uninstall software di Windows 10 tentunya masih sama dengan versi sistem operasi Windows sebelumnya, yaitu melalui Control Panel. Tapi, kalau Anda memiliki software tersendiri atau dari pihak ketiga untuk melakukan uninstall, seperti Revo Uninstall, atau lainnya, maka Anda bisa menggunakan software tersebut.

Tapi, sebelum Anda melakukan proses uninstall, maka silahkan Anda backup terlebih dulu semua data atau pengaturan dari software tersebut. Kalau misalnya itu adalah sebuah game, maka silahkan Anda backup saja bagian save karakter Anda.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY