Terjadinya error saat melakukan update Windows 10 memang bukanlah hal yang jarang terjadi pada pengguna. Masalah seperti ini memang kerap kali terjadi pada beberapa pengguna, pada saat Microsoft mengeluarkan update terbaru untuk Windows 10. Di mana saat proses update sedang berlangsung, muncul error atau kesalahan.

Ada beberapa error yang memang cukup mudah untuk diatasi pada saat itu juga, tapi ada juga yang butuh waktu yang lama, bahkan sampai butuh bantuan teknisi ahli. Salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk diperbaiki itu adalah Windows update error 0x80244007. Error ini sendiri akan menghentikan secara otomatis proses update Windows, dan melakukan restart komputer sendiri.

Mengatasi masalah Windows 10 update error 0x80244007

Error 0x80244007 ini biasanya disertai dengan pesan deskripsi “SOAP client failed because there was a SOAP fault for reasons of WU_E_PT_SOAP_* error codes”. Penyebab utama di balik masalah ini adalah bahwa Windows tidak dapat memperbarui cookie untuk update Windows terbaru tersebut.

Nah, kalau Anda memang termasuk sebagai salah satu pengguna sistem operasi Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Jalankan Windows update troubleshooter

Windows update troubleshooter merupakan salah satu fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows 10 yang akan membantu dalam mencari titik masalah dan juga melakukan perbaikan langsung secara otomatis jika memang memungkinkan. Tapi, kalau tidak dapat diperbaiki langsung, maka Anda pun akan mendapatkan pemberitahuan titik letak kesalahan tersebut. Cara menggunakan fitur Windows udpate troubleshooter bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda klik tombol Start Windows, lalu cari menu Settings. Atau Anda bisa langsung menekan tombol Win + i pada keyboard.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik pada menu Update & Security, lalu pilih opsi Troubleshoot.
  • Di dalam halaman Troubleshoot tersebut, silahkan Anda pilih Windows update troubleshooter, lalu klik tombol Run.
  • Jika sudah selesai, maka silahkan Anda restart komputer Anda.
  1. Hapus temporary files

Untuk mempermudah Anda dalam dalam menghapus temporary files ini, maka Anda bisa langsung membuka fitur atau tool yang bernama Disk Cleanup. Silahkan Anda baca artikel sebelumnya yang berjudul “cara menggunakan Disk Cleanup tool di Windows 10”.

  1. Ganti nama folder Software Distribution

Folder yang bernama Software Distribution ini menyimpan banyak sekali file-file system penting untuk proses update Windows Anda. Bisa dikatakan, semua file update Windows dalam waktu 7 hari ke depan akan disimpan di dalam folder ini sementara waktu. Maka dari itu, kemungkinan folder sudah terlalu penuh atau banyak file system yang saling tertimpa, sehingga menimbulkan error saat proses update. Untuk itu, cara mengakalinya adalah dengan menghapus atau mengganti nama folder tersebut. Setelah itu, restart komputer Anda, dan coba jalankan kembali proses update Windows 10.

Akhir kata

Cara ketiga di atas biasanya cara yang paling banyak digunakan dan berhasil. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY