Untuk mempermudah dan mempercepat proses copy-paste file atau folder, maka fitur drag & drop tentunya adalah jalan terbaik. Karena, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengklik kanan atau pun menekan tombol keyboard. Anda cukup menyeleksi file atau folder yang ingin Anda pindahkan tersebut, lalu ditarik dan dilepaskan ke lokasi lagi di komputer. Fitur drag & drop ini di Windows ini memang sangatlah membantu untuk mempercepat pekerjaan di komputer.

Mengatasi masalah drag & drop tidak bekerja di Windows 10

Namun, beberapa pengguna komputer Windows 10 ternyata mengeluhkan adanya masalah dengan fitur drag & drop tersebut. Di mana fitur tersebut tidak bekerja di komputernya. Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah tersebut, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Tekan tombol Esc

Cara pertama ini sendiri terbilang sangatlah mudah dan simpel. Di mana Anda cukup menekan satu tombol saja, yaitu tombol Esc (Escape) di keyboard. Karena, masalah drag & drop yang tidak bekerja di komputer ini bisa saja disebabkan oleh adanya program yang terbuka di backgroud, atau Anda pernah tombol shortcut, yang membuat fitur drag & drop tersebut tidak bekerja. Maka dari itu, tombol Esc bisa menjadi cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencari masalah tersebut.

2. Lakukan clean boot

Cara kedua ini memang terbilang ampuh untuk mengatasi setiap permasalahan fitur dan sistem di Windows 10. Biasanya dengan menggunakan cara clean booting ini, maka setiap masalah pada Windows bisa teratasi, termasuk juga dengan drag & drop yang tidak berfungsi. Hal ini bisa saja disebabkan oleh program yang bekerja di background saat Windows 10 startup. Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya tentang cara melakukan clean boot di Windows 10 yang baik dan benar.

3. Mengecek dan mengedit Registry Editor (regedit)

Langkah pertama adalah dengan mengklik logo Windows di sudut kiri bawah. Lalu, langsung ketikkan regedit, dan klik kanan pada nama aplikasi Registry Editor lalu pilih opsi Run as administrator. Setelah halaman regedit terbuka, silahkan Anda masuk ke dalam folder berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

Pada jendela bagian kanan, silahkan Anda klik dua kali pada masing-masing opsi DragHeight dan DragWidth. Setelah itu, silahkan Anda ganti value pada masing-masing opsi tersebut menjadi lebih tinggi, misalnya saja 50. Value tersebut adalah ukuran dari pixel untuk melakukan drag & drop di Windows. Dengan meningkatkan ukuran piksel tersebut, kemungkinan cara ini bisa saja membantu.

4. Nonaktifkan UAC menggunakan Registry

Hal lain yang perlu Anda edit di regedit adalah menonaktifkan fitur UAC. Untuk itu, silahkan Anda langsung menuju ke folder berikut di halaman regedit:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

Pada panel bagian kanan, silahkan Anda ganti value untuk opsi EnableLUA dari 1 menjadi 0.

Kalau semua cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan tool SFC (System File Checker) dan DISM.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY