Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami masalah pada komputer dengan sistem operasi Windows. Entah itu masalah pada system yang saat pertama kali booting atau pun saat ingin menjalankan aplikasi atau software. Masalah seperti ini tentunya akan membuat Anda bingung dan jengkel, apalagi saat itu Anda harus mengerjakan tugas penting di komputer.

Salah satu error yang paling menjengkelkan dan juga menyusahkan itu adalah file DLL yang gagal dimuat, yang biasanya akan memunculkan pesan seperti “Failed to load DLL”. Kalau memang Anda mengalami masalah seperti ini, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

Cara mengatasi masalah Windows 10 yang gagal memuat file DLL

Masalah ini muncul, jika file DLL tersebut hilang yang biasanya ditandai dengan pesan error “file DLL is missing”, atau pun karena masalah sistem operasi Windows 10 itu sendiri yang memang gagal meload/memuat file DLL tersebut. Masalah ini biasanya terjadi saat Anda baru saja melakukan uninstall atau menghapus software. Tapi, lebih banyak masalah ini terjadi karena disebabkan oleh antivirus yang ikut menghapus file DLL yang terinfeksi malware atau virus.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk lakukan jika mendapati pesan error Failed to load DLL di Windows 10 Anda:

  1. Coba install ulang program tersebut

Kalau masalah ini terjadi saat Anda ingin membuka sebuah program atau aplikasi, maka cara mengatasinya itu bisa Anda lakukan dengan melakukan uninstall pada program tersebut. Pastikan pula Anda menggunakan program yang versi terbaru dan legal ya!

  1. Cek startup

Kalau ini terjadinya saat awal komputer Anda booting (Startup), maka coba Anda matikan semua program yang ada di startup, kecuali yang berhubungan dengan driver.

3.Jalankan software registry cleaner

Ada beberapa software pembersih registry, salah satu yang paling banyak digunakan itu adalah CCleaner. Tidak hanya membersihkan registry, software ini juga membantu dalam membersihkan file-file sampah.

  1. Registrasi ulang file DLL

Untuk poin yang keempat ini, Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara registrasi ulang file DLL di Windows 10”.

  1. Cek detail error di Event Viewer

Hebatnya sistem operasi Windows 10 ini, karena bisa menyimpan setiap error yang terjadi, melalui fitur yang bernama Event Viewer. Bahkan, fitur tersebut bisa menampilkan detail error yang lebih lengkap. Sehingga, Anda pun bisa dengan mudah untuk mengetahui letak error yang terjadi pada komputer Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah error Failed to load DLL yang Anda alami pada Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY