Lisensi key atau serial number pada sistem operasi Windows adalah hal yang paling penting untuk Anda miliki dan amankan. Pasalnya, untuk membuat sistem operasi Windows 10 tetap bisa Anda gunakan dalam waktu yang lama, maka Anda memerlukan validasi dari Microsoft melalui serial number (lisensi key) tersebut.

Pada sistem operasi Windows 10 terbaru saat ini pun, lisensi key ini akan langsung tercatat di situs Microsoft beserta dengan hardware komputer yang Anda gunakan saat memasukkan lisensi tersebut. Pasalnya, pada Windows 10 ini, Microsoft membuat sistem validasi online pada lisensi key yang Anda masukkan tersebut. Sehingga, proses verifikasinya pun memang terkesan rumit.

Windows 10 Error 0xC004F035 saat diaktivasi

Jika Anda termasuk pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, dan mendapatkan pesan Activation error 0xC004F035, maka itu berarti cara atau proses aktivasi yang Anda lakuakn adalah salah. Pesan lengkap dari error tersebut adalah sebagai berikut:

“The Software Protection Service reported that the computer could not be activated with a Volume license product key.”

Error ini kemungkinan juga terjadi dikarenakan lisensi key dari Windows 10 tersebut tidak valid.

Cara mengatasi Windows 10 invalid lisensi (error 0xC004F035)

Beberapa vendor atau OEM biasanya memang sudah menyertakan sistem operasi di dalam produknya, serta mendapatkan fitur tambaha berupa upgrade sistem operasi secara gratis untuk versi berikutnya. Ini pun mulai bermunculan pada saat sistem operasi Windows 8 sudah diluncurkan. Beberapa vendor atau OEM yang menjanjikan fitur upgrade gratis tersebut, seperti, Dell, Lenovo, dan lainnya.

Pada BIOS dari OEM tersebut sudah diberikan penanda untuk komputer dengan Windows Qualified, atau merupakan komputer yang diaktiviasi melalui sistem klien KMS.

Metode ini hampir sama dengan komputer perusahan yang mana OEM-nya itu sudah menggunakan Windows tipe Enterprise, yang nantinya akan bertanggung jawab untuk melakukan upgrade secara gratis untuk semua perangkat komputer klien-nya. Kalau memang penanda tersebut sudah hilang atau tidak ada, maka saat Anda ingin melakukan upgrade secara gratis dengan KMS, maka itu akan gagal. Karena, Anda memang memerlukan lisensi sistem operasi Windows yang valid dan memenuhi persyaratan untuk upgrade.

Cara memperbaiki error 0xC004F035 saat aktivasi Windows 10

Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengganti lisensi key yang baru atau menggunkaan Multiple Activation Key (MAK). Anda bisa mendapatkan lisensi key yang baru ini melalui Windows Store langsung atau menghubungi vendor (OEM) tempat Anda membeli perangkat komputer tersebut untuk dibantu melakukan aktivasi kembali.

Akhir kata

Nah, itulah cara yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami error 0xC004F035 saat melakukan aktivasi Windows 10. Yang pada intinya adalah, Anda harus benar-benar menggunakan lisensi key yang valid untuk perangkat komputer Windows 10 Anda tersebut.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY