Sistem operasi Windows 10 merupakan sistem operasi termutakhir yang sudah diciptakan oleh Microsoft. Sistem keamanan yang ada di Windows 10 ini pun sudah semakin meningkat, sehingga ini tentunya akan menjaga data-data di komputer Anda menjadi aman. Hanya saja, beberapa pengguna sempat mengeluhkan mengenai user tamu (Guest) untuk Windows 10 ini. Di mana user tamu tersebut ternyata memiliki batasan expired (kadaluarsa).

Saat akun sudah mengalami kadaluarsa, maka akun tersebut tentunya tidak bisa lagi digunakan. Hal ini tentunya berbeda dengan password yang kadaluarsa. Jika password yang mengalami kadaluarsa, maka pengguna hanya akan diminta untuk mengganti password yang baru. Tapi, kalau akun yang kadaluarsa, maka akun tersebut sudah terhapus atau tidak bisa lagi digunakan sama sekali.

Mengatasi akun kedaluwarsa di Windows 10

Kalau ternyata Anda tetap ingin membuka akun tamu tersebut dalam waktu yang lama, maka hal ini masih bisa diatasi. Di mana akun tersebut bisa dilakukan perpanjangan penggunaan atau pun sekaligus mematikan masa expired dari akun tersebut. Cara-caranya bisa Anda ikuti di bawah ini:

1. Melalui perintah PowerShell

PowerShell merupakan salah satu tool yang terdapat di dalam sistem operasi Windows 10, yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan terhadap sistem termasuk juga untuk mengatasi masalah akun expired ini. Untuk langkah-langkahnya silahkan Anda simak di bawah ini:

  • Tekan tombol logo Windows + X pada keyboard, pilih menu Windows PowerShell (Admin) dari daftar.
  • Pastikan Anda sudah memiliki nama user dari akun yang sudah expired tersebut. Silahkan Anda ketikkan perintah net user, lalu tekan tombol Enter. Di situ nanti akan muncul nama-nama user yang ada tersimpan di komputer Anda.
  • Jika nama user sudah Anda ketahui, maka silahkan Anda masukkan perintah :

net user USERNAME /expires:never

Kata USERNAME Anda ganti dengan user yang mengalami expired tersebut. Lalu, tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

2. Mematikan masa expired user di Windows 10

Cara kedua untuk Anda yang tidak ingin user guest mengalami kadaluarsa di Windows 10, maka Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Silahkan Anda klik tombol Start Windows, lalu ketikkan Administrative Tools. Setelah muncul menu tersebut, silahkan Anda klik kanan dan pilih opsi Run as administrator.
  • Pilih Active Directory Users and Computers dan buka.
  • Pada bagian kiri, silahkan Anda klik nama user Anda, lalu klik Users.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih nama user atau domain yang ingin Anda ganti pengaturan expired-nya. Klik kanan lalu pilih opsi Properties.
  • Di jendela Properties tersebut, silahkan Anda lanjut dengan mengklik tab Account, lalu pada menu Account Expires, berikan tanda centang pada opsi Never.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah akun expired di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY