Sistem operasi Windows 10 menjadi perhatian penuh oleh pihak Microsoft. Ini terlihat oleh update yang cukup sering dilakukan, yang tentunya untuk pengembangan Windows 10, dan juga karena beberapa bug serta penambahan fitur terbaru. Salah satu masalah yang kadang ditemui oleh para pengguna itu adalah error 0x80070003 saat proses update Windows 10. Tidak hanya saat proses update saja, error 0x80070003 ini juga terkadang muncul saat mengaktifkan Firewall serta mendownload file dari Windows Store.

Untuk artikel kali ini, Saya akan memberikan informasi mengenai cara untuk mengatasi masalah error 0x80070003 pada Windows update.

Cara memperbaiki update error 0x80070003 pada Windows 10

Masalah ini biasanya muncul, dikarenakan proses ibelum berjalan atau Background Intelligent Transfer Service (BITS) tidak bisa bekerja. Masalah lainnya juga bisa karena komponen pendukung lainnya untuk mekanisme update Windows 10 tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda tempuj untuk mengatasi masalah error 0x80070003 saat melakukan update windows 10:

1. Menjalankan Windows Updte troubleshooter

Fitur yang ada pada Windows 10 memang terbilang sudah cukup kompleks untuk mengatasi masalah error pada sistem, termasuk error saat Windows 10 melakukan update. Fitur yang bisa Anda gunakan di sini adalah Windows Update Troubleshooter, di mana fitur ini bisa membantu dalam melakukan perbaikan secara otomatis.

2. Mengganti konfigurasi file Spupdsvc.exe yang lama

Spupdsvc.exe adalah file proses yang berasal dari Microsoft Update RunOnce Service. Ketika pembaruan tersedia untuk komputer, proses yang bertanggung jawab untuk melakukan update akan diinformasikan, dan juga, entri RunOnce akan ditambahkan ke regedit untuk spupdsvc.exe. Proses tersebut akan berjalan setelah komputer di restart. Untuk langkah-langkah mengganti konfigurasi yang lama dengan yang baru, maka Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin).
  • Selanjutnya ketikkan perintah cmd /c ren %systemroot%\System32\Spupdsvc.exe Spupdsvc.old

Biarkan proses tersebut berjalan, lalu jalankan kembali Windows update setelah selesai.

3. Cek semua service terkait Windows update

Ada beberapa layanan yang terkait dengan Windows update ini. Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan pengecekan pada setiap service tersebut, apakah sudah berjalan atau belum. Anda cukup membuka Windows Device Manager dengan menekan tombol Win + X, lalu pilih Device Manager.

Di dalam halaman Device Manager tersebut, silahkan Anda set Startup Type setiap layanan berikut ini satu persatu:

  • Windows Update Service : Manual (Triggered)
  • Background Intelligent Transfer Service : Manual
  • Cryptographic Services : Automatic
  • Workstation Service : Automatic

4. Gunakan System File Checker (SFC)

Tekan tombol Win + X, lalu pilih Command Prompt (Admin). Setelah halaman CMD terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow, dan tekan tombol Enter. Biarkan proses berjalan, dan lakukan restart setelah proses scanning selesai. Setelah komputer berhasil login kembali, silahkan Anda coba jalankan lagi Windows update.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY