Salah satu tool yang banyak digunakan saat sistem operasi Windows 10 mengalami masalah adalah DISM. Tool ini sendiri biasanya digunakan saat Windows10 mengalami error saat update, dan berbagai kerusakan file sistem lainnya. Karena, fungsi dari tool DISM ini adalah mengembalikan file-file sistem yang mengalami kerusakan tersebut.

Penggunaan tool DISM ini sendiri tidak seperti tool atau aplikasi lainnya yang bisa ditemukan pada Start Menu. Untuk menggunakan tool DISM ini, maka Anda harus mengakses halaman Command Prompt (CMD) terlebih dulu, lalu menjalankan perintah untuk mengaktifkan dan menggunakannya. Perintahnya pun tidak banyak, hanya sebaris saja.

Cara Mengatasi tool DISM error 14098

Walaupun tool ini memang digunakan untuk melakukan perbaikan pada sistem Windows, tapi terkadang juga tool ini mengalami error saat digunakan. Salah satu error yang sering kami temukan dan juga menjadi banyak keluhan dari para pengguna adalah DISM error 14098 The component store has been corrupted.

Kalau Anda termasuk pengguna tool ini, dan mengalami masalah serupa saat digunakan, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya:

1. Gunakan perintah restore health

Kalau masalah ini terjadi pada saat Anda berada dalam halaman Advance Startup Options, maka Anda sebanyak masuk ke dalam menu Command Prompt. Setelah halaman Command Prompt tersebut terbuka, maka silahkan Anda langsung memasukkan baris perintah berikut ini, yang diakhiri dengan menekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut:

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Biarkan perintah tersebut berjalan hingga selesai. Setelah selesai, silahkan Anda restart komputer untuk menerapkan perubahan dari perintah tersebut. Kalau cara tersebut maka Anda perlu menambahkan parameter lainnya, yaitu sebagai berikut:

Dism /Online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup

2. Reset komponen Windows update

Tautan berikut akan membantu Anda jika Anda perlu mengembalikan komponen Pembaruan Windows ke default:

3. Coba untuk mematikan antivirus Anda

Antivirus pada komputer memang terkadang membatasi pergerakan dari beberapa aplikasi atau software. Maka dari itu, Anda bisa mencoba dengan mematikan antivirus tersebut sementara waktu lalu menjalankan kembali tool DISM tersebut. Setelah proses DISM ini selesai, maka Anda bisa kembali mengaktifkannya. Tapi, kalau dengan mematikan antivirus belum juga memberikan hasil yang diinginkan, maka Anda lanjut ke cara keempat di bawah.

4. Hapus update yang baru saja diinstal

Kesalahan atau error ini sendiri bisa terjadi karena adanya update dari Windows yang sudah terinstall. Untuk itu, Anda coba cari tahu update-update apa saja yang sudah diinstall, dan lakukan uninstall pada update tersebut. Untuk cara uninstall update Windows, maka Anda bisa mengikuti artikel yang berjudul cara uninstall update Windows jika terjadi error.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY