Pada setiap sistem operasi rata-rata memiliki fitur yang bernama Taskbar. Taskbar ini sendiri memang merupakan suatu bagian yang mempermudah para pengguna dalam mengakses file atau pun program dengan lebih cepat. Pada Windows sendiri, Taskbar ini merupakan bagian internal yang sudah ada sejak perilisan pertama Windows 1.0.

Perkembangan taskbar dari waktu-waktu untuk setiap versi sistem operasi Microsoft tersebut memberikan desain yang lebih baik. Selain itu pula, pada taskbar Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft sendiri, merupakan rumah untuk penempatan fitur-fitur terbaru yang ditambahkan, seperti Task View, Windows Search, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menambahkan shorcut aplikasi yang sering Anda gunakan, untuk lebih mempermudah dalam mengaksesnya dengan menggunakan fitur Pin.

Taskbar tidak muncul di Windows 10

Taskbar ini bisa dikatakan sebagai bagian terpenting untuk sistem operasi Windows. Pasalnya, setiap aplikasi atau program yang terbuka bisa Anda lihat di Taskbar. Jadi, jika komputer Anda membuka lebih dari satu aplikasi, maka taskbar ini akan mempermudah Anda untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya dengan cukup mengkliknya pada taskbar. Walaupun, ada fitur atau shortcut untuk memunculkan tab-tab aplikasi dengan tombol ALT + Tab, tanpa taskbar tentunya Anda akan kesulitan untuk berpindah ke aplikasi yang satu, apalagi kalau Anda termasuk pengguna awam di Windows.

Namun, masalah seperti ini memang karap kali terjadi, di mana taskbar pada Windows tiba-tiba menghilang atau tidak bekerja sama sekali. Maslah ini bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal. Untuk itu, bagi Anda yang memang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba mengiktui beberapa cara di bawah ini untuk bisa mengatasinya pada Windows 10 Anda.

Cara mengatasi Taskbar yang tidak muncul di Windows 10

Untuk mengatasi permasalahan taskbar yang tidak muncul ini, kami memiliki 4 metode yang bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi, sebelum kita melangkah ke cara-caranya, sebaiknya Anda mulai membuat System Restore. Di mana hal ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mengembalikan ke pengaturan saat ini jika terjadi masalah. Jika sudah, silahkan Anda lanjutkan dengan mengikuti beberapa metode di bawah ini:

  1. Restart proses Explorer

Taskbar ini merupakan bagian dari file Explorer.exe di Windows. Walaupun memang terdengar sangatlah mendasar, tapi itu sudah terbukti cukup berhasil bagi banyak orang. Permasalahan pada taskbar atau pun system tray memang biasanya berkaitan dengan Explorer. Untuk itu, Anda bisa mencoba melakukan restart proses Explorer.exe tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Klik kanan pada taskbar, lalu pilih Task Manager. Tapi, kalau Taskbar Anda tidak muncul atau tidak berfungsi, maka Anda tekan saja tombol CTRL + Shift + Esc pada keyboard.
  • Selanjutnya silahkan Anda klik pada tab Process, dan cari Windows Explorer.
  • Klik kanan pada Process tersebut lalu pilih pada opsi Restart.

Taskbar Anda pun akan langsung menghilang dalam beberapa saat dan akan kembali muncul lagi dengan sendirinya. Saat taskbar sudah muncul, coba Anda klik salah satu item atau aplikasi yang ada di taskbar tersebut, untuk memastikan sudah bekerja atau tidak.

  1. Periksa pada halaman Settings

Penyebab berikutnya yang bisa membuat Taskbar tidak muncul atau menghilang pada Windows 10 Anda adalah karena pada halaman Settings, taskbar tersebut Anda biarkan tersembunyi. Kemungkinan Anda pernah melakukan pengaturan ini, atau keluarga dan teman yang melakukan hal tersebut untuk Anda.

Untuk mengeceknya, silahkan Anda buka halaman Settings dengan menekan tombol Win + I pada keyboard. Setelah itu, silahkan Anda menuju ke Personalization, kemudian klik pada menu Taskbar. Pada panel bagian kanan, silahkan Anda cek opsi pada label yang bertuliskan “Automatically hide the taskbar in desktop mode”. Kalau tombol pada label tersebut dalam mode On, berarti Anda harus mengubahnya menjadi Off dengan mengklik satu kali pada tombol tersebut.

  1. Menonaktifkan mode tablet

Sistem operasi Windows 10 ini memang dibuat untuk bisa kompatibel dan responsive dengan berbagai perangkat atau gadget besutan Microsoft, mulai dari smartphone, tablet, laptop, dan PC. Kalau Windows 10 Anda dalam mode tablet, maka taskbar tersebut memang tidak akan muncul pada halaman Desktop. Untuk itu, cobalah Anda melakukan pengecekan pada pengaturan mode tersebut. Anda cukup mengklik pada bagian Notification di system tray (sudut kanan bawah). Setelah itu, kalau mode tersebut memang aktif, silahkan Anda akan klik pada ikon yang bertuliskan Tablet Mode untuk menon-aktifkan fitur mode tablet tersebut.

  1. Mengecek pengaturan dual layar (Projection Settings)

Hal terakhir yang bisa menyebabkan taskbar di komputer Windows 10 Anda menghilang adalah karena pengaturan dual layar atau Projection Settings sedang Anda gunakan. Ini berlaku untuk Anda yang menggunakan lebih dari satu monitor. Untuk mengeceknya, silahkan Anda tekan tombol Win + P pada keyboard Anda.

Setelah itu, pada bagian kanan layar monitor Anda akan muncul halaman Projection Settings tersebut. Selanjutnya, silahkan Anda pilih pada opsi paling pertama yaitu, PC Screen Only. Jika sudah, coba Anda cek pada taskbar Anda apakah sudah berfungsi atau tidak. Kalau sudah, maka Anda bisa mengembalikan Projection Settings tersebut ke sebelumnya yang Anda gunakan, kalau memang Anda harus menggunakan dual monitor.

Akhir kata

Itulah beberapa metode yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah taskbar yang tidak bekerja atau tidak muncul di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY