System Restore merupakan fitur penting yang ada di dalam sistem operasi Windows. Di mana System Restore ini sendiri memang bisa membantu dalam menyelesaikan masalah error yang terjadi pada sistem, dengan cara mengembalikan kondisi sistem ke kondisi sebelumnya. Hanya saja, fitur ini pun terkadang mengalami error, dan banyak dialami oleh para pengguna Windows 10. Masalah System Restore ini sendiri kadang terjadi, jika Windows 10 baru saja mengalami update.

Mengatasi error 0xc000021a System Restore setelah update Windows 10

Error 0xc000021a ini memang kadang muncul saat Anda ingin menjalankan System Restore, setelah sistem operasi Windows 10 menjalankan update. Bahkan, beberapa pengguna tidak bisa lagi membuka Windows Explorer atau pun halaman desktop komputernya.

Saat Anda menggunakan System Restore, ada beberapa file yang bisa dikembalikan saat komputer melakukan restart. Saat proses ini terjadi, sistem operasi Windows pun mengembalikan file katalog dan juga menahan file .sys dari driver yang direstore saat restart komputer. Nah, saat inilah, Windows meload driver versi yang lama, sehingga versi driver pun tidak kompatibel lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Driver signature enforcement

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan membooting komputer Anda ke Windows Recovery Environment, dengan cara menekan tombol Shift pada keyboard, sambil mengklik tombol Restart di Windows.
  • Setelah berada di dalam halaman Windows Recovery Environment, slahkan Anda pilih Troubleshoot > Advanced options > More recovery options > Startup settings, lalu pilih Restart now.
  • Di dalam Start Settings ini, silahkan Anda pilih opsi Disable driver signature enforcement, dengan menekan tombol arah.
  • Biarkan proses startup untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya, saat komputer mulai booting kembali, maka proses Restore System pun akan dilanjutkan dan selesai.

2. Gunakan metode WinRE untuk memulihkan

WinRE juga memiliki fitur untuk melakukan System Restore, dan biasanya WinRE masih bisa berfungsi kalau System Restore bawaan Windows sudah rusak atua errpr. Kalau Anda bisa mengakses halaman Desktop, maka Anda bisa bisa melakukan boot ke WinRE. Tapi, kalau tidak bisa mengakses Desktop, maka Anda bisa langsung booting ke WinRE melalui Advanced Startup Options,

  • Silahkan Anda klik Start > Settings > Update & Security > Recovery.
  • Di bawah Advance Options, silahkan Anda klik Restar Now.
  • Setelah masuk ke halaman WinRE, pilih Troubleshoot > Advanced options > System Restore.
  • Masukkan Recovery key seperti pada layar
  • Ikuti instruksi yang muncul untuk proses System Restore.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah System Restore yang error setelah melakukan update Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY