Audio atau suara pada komputer tentunya salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Tanpa adanya audio tersebut, maka komputer Anda bisa disetarakan dengan kalkulator saja. Karena, dengan adanya Audio, maka Anda bisa mendengarkan musik, game, menonton video (Film), dan hal lainnya yang membuat aktivitas Anda menjadi lebih hidup.

Pada sistem operasi Windows 10 ini pun, disetiap hal yang Anda lakukan, mulai dari klik, membuka aplikasi, folder, atau pun file akan diikuti dengan suara default. Nah, bagaimana kalau ternyata audio tersebut mengalami gangguan, seperti delay atau lag. Delay suara pada komputer Windows 10, biasanya dialami sekitar 1 sampai 2 detik saja. Tapi, itu tentunya berarti banyak bagi yang memang penggiat audio.

Mengatasi masalah suara yang delay di Windows 10

Sebelum kita melanjutkan pembahasannya, kita tentunya perlu tahu penyebab hal ini bisa terjadi. Pihak Microsoft sendiri memang sudah mengklaim adanya masalah delay tersebut, tapi biasanya tidaklah terlalu terasa, karena jarak keterlambatannya itu, dalam hitungan millisecond (6ms hingga 12ms) saja. Ukuran delay tersebut sendiri biasanya tergantung juga dengan driver yang digunakan. Jadi, pihak Microsoft pun tidak merasa bertanggung jawab sendiri dengan masalah tersebut, tapi dari vendor hardware (audio) yang menyediakan driver juga ada tanggung jawab dalam hal ini. Di samping it upula, aplikasi atau software yang digunakan juga memiliki peran dalam masalah delay suara tersebut.

Beberapa pengguna pun sempat melaporkan masalah ini ke forum TWC, yang membuat pihak Microsft akhirnya memberikan solusi untuk aplikasi yang bisa mengurangi delay tersebut.

Aplikasi yang bisa membantu dalam mengurangi delay suara tersebut adalah REal (REduce Audio Latency). Aplikasi ini sendiri bisa Anda dapatkan pada Github (github.com/miniant-git/REAL ). Akan tetapi, proses instalasi aplikasi ini sedikit rumit dibandingkan dengan aplikasi pada umumnya. Untuk itu, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstallnya dan cara lain dalam mengatasi masalah delay suara tersebut.

1. Cara install REal di Windows 10

Setelah aplikasi tersebut Anda download, maka silahkan Anda buka aplikasinya melalui halaman Command Prompt (Admin). Langkah-langkah lengkapnya sebagai berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win +X pada keyboard, lalu klik pada Command Prompt (Admin).
  • Buka halaman folder file aplikasi tersebut tersimpan.
  • Lalu ketikkan Real.exe –tray.

Perintah tersebut akan membuat aplikasi tetap berjalan di background dan akan mengaktifkan latensi otomatis yang kecil untuk suara yang ada.

2. Instal driver HDAudio

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik pada menu Device Manager.
  • Klik pada Sound, video and game controllers, klik kanan pada driver sound yang Anda gunakan, lalu pilih opsi Update Driver.
  • Selanjutnya, klik pada Browse my computer for driver software > Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Pilih High Definition Audio Device dan klik Next.
  • Jika muncul pop up yang bertuliskan Update Driver warning, klik saja tombol Yes.
  • Setelah selesai, klik tombol Close, dan lakukan restart pada komputer jika memang diperlukan.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY