Kalau berbicara mengenai Steam, tentunya kita akan langsung berpikir mengenai dunia game. Ini karena, Steam merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai jenis macam game-game original dari yang terbaru hingga yang jadul. Steam ini sendiri bisa juga dikatakan sebagai launcher untuk game-game tersebut, dimana dilengkapi dengan kemanan yang cukup baik. Sehingga game-game yang sudah Anda beli tersebut tetap aman.

Tidak hanya itu saja, developer game yang ada di Steam juga sangatlah rutin memberikan update terbaru untuk game-gamenya tersebut. Akan tetapi, beberapa pengguna ternyata sempat mengeluhkan error yang dialami saat melakukan update game melalui Steam ini.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh file Manifest dari game tersebut hilang, rusak, tidak dapat diakses oleh Steam, konfigurasi dari Steam, atau karena masalah DNS. File Manifest di Steam itu adalah file yang berisikan informasi game, dan juga perintah untuk melakukan update game.

Mengatasi masalah Steam Missing Content Manifest

Kalau Anda termasuk pengguna game Steam dan mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. Hapus file cache yang berlebihan

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini, adalah dengan menghapus file-file cache dari game Steam tersebut. Anda bisa melihat file-file cache dari game tersebut, melalui halaman folder, C:\Users\<USERNAME>\AppData\Local\Steam.
  • Di dalam folder ini sendiri biasanya hanya terdapat dua folder saja, yaitu htmlcache dan widevine. Setelah berada di dalam folder tersebut, silahkan Anda hapus kedua file yang ada di dalam folder tersebut.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan juga adalah dengan membuka menu pengaturan (Settings) di Steam, lalu klik pada tab Web Browser.
  • Selanjutnya beralih ke panel sebelah kanan, silahkan Anda klik pada tombol yang bertuliskan, DELETE ALL BROWSER CACHE dan juga DELETE ALL BROWSER COOKIES.

2. Mengatur lokasi (Region)

  • Silahkan Anda buka menu Settings, di Steam.
  • Kemudian, klik pada tab Download.
  • Pada panel kanan, bagian Downlod Region, silahkan pilih sesuai negara Anda.
  • Klik pada tombol OK, lalu restart Steam.

3. Flush DNS cache

Melakukan DNS Flush juga termasuk cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini. Silahkan Anda baca artikel sebelumnya yang berjudul, cara melakukan flush DNS di Windows.

4. Flushconfig untuk Steam

Sebelum Anda menerapkan cara yang satu ini, maka pastikan Anda melakukan backup data dari game-game Anda. Karena, flushconfig Steam akan menghapus semua data dari game yang Anda install di Steam. Jika sudah, silahkan Anda ikuti langkah-langkah flushconfig Steam berikut ini:

  • Tekan tombol Win + R, untuk membuka kolom RUN.
  • Pada kolom RUN tersebut, silahkan Anda ketikkan steam://flushconfig, laluy tekan tombol Enter atau klik tombol OK.
  • Ikuti arahan yang muncul, dan proses ini akan mengkonfigurasi internet untuk akun Steam Anda.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY