Start menu pada sistem operasi Windows memang adalah salah satu ciri khas utamanya. Bahkan bisa dikatakan, karena Start menu Windows inilah, membuat para developer sistem operasi memasang Start menu juga, seperti Mac atau pun Linux. Logo Windows yang ada di sudut kiri tersebut, memang memiliki banyak sekali manfaat dan juga mempermudah dalam mengakses semua fitur yang ada Windows.

Walaupun, Start menu ini sempat menghilang pada Windows 8 dan 8.1, tapi itu dikembalikan lagi pada sistem operasi Windows 10 saat ini. Di mana tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang lebih menarik lagi. Karena, pengalaman bagi pengguna Windows XP, hingga Windows 8.1 tergabung pada Windows 10 ini. Sehingga, baik Anda pengguna lama Windows XP, Vistas, 7, 8/8.1 tetap bisa dengan mudah beradaptasi.

Mengatasi masalah Start Menu not responding di Windows 10

Beberapa pengguna sempat mengeluhkan mengenai masalah yang terjadi pada Start menu, setelah pihak Microsoft mengeluarkan update terbaru untuk Windows 10. Di mana Start menu tersebut mengalami not responding, seperti aplikasi atau program yang error. Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

Cara restart start menu di Windows 10:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan di sini adalah dengan membuka Task Manager dengan mengklik kanan pada Taskbar, lalu pilih opsi Task Manager.
  • Setelah itu, silahakn Anda cari proses yang bertuliskan START.
  • Klik kanan pada proses Start tersebut, lali pilih opsi End task.
  • Proses Start menu tersebut akan dihentikan, dan Taskbar Anda pun akan menghilang selama beberapa saat. Setelah itu, akan terbuka dengan sendirinya.

Cara ini termasuk cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah Start menu yang tidak berfungsi atau not responding. Cara ini tentunya tidak akan membuat pengaturan pada Start menu menjadi menghilang, atau pun aplikasi-aplikasi yang ada.

Ada juga beberapa pengguna yang perlu menghentikan proses dari Windows Explorer untuk mengatasi masalah Start menu Windows 10 yang not responding ini. Dan, cara ini juga terbukti berhasil, kalau memang cara sebelumnya di atas tidak berfungsi.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah Start menu Windows 10 yang tidak berfungsi atau not responding. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY