Skype merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk bisa berkomunikasi dengan voice chat atau pun video call. Dalam perkembangannya, Skype ini pun bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi untuk metting online, karena memungkinkan untuk bisa digunakan video call lebih dari satu orang (group). Hanya saja terkadang juga terdapat masalah pada Skype saat mengirimkan pesan. Di mana pesan tersebut tidak dapat terkirim. Hal ini memang bisa dikatakan umum terjadi, khususnya untuk para pengguna Skype rumahan. Dan, penyebab yang paling mendasar itu adalah koneksi internet yang tidak stabil.

Cara mengatasi chat yang tidak terkirim di Skype

Kalau ternyata Anda masih bisa membuka halaman internet atau website dengan lancar, tapi hanya Skype saja yang mengalami masalah tidak bisa kirim pesan atau chat, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Menggunakan perintah khusus Skype

Terdapat beberapa perintah khusus yang bisa digunakan pada Skype untuk mengatasi beberapa masalah seperti ini. Cara menggunakan perintah tersebut bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka halaman chat Skype untuk kontak yang tidak bisa Anda kirimkan pesan. Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah berikut setiap baris yang diakhiri dengan menekan tombol Enter.

/dumpmsnp

/MSNP24

  • Setelah itu, silahkan Anda logout dari Skype lalu login kembali.
  • Berikutnya, Anda ketikkan lagi perintah ini dan diakhiri dengan menekan tombol Enter:

/remotelogout

Jika sudah selesai, pastikan Anda untuk merestart komputer.

2. Cek server proxy

Kalau Anda menggunakna proxy baik itu melalui aplikasi atau pengaturan di Windows, maka sebaiknya Anda mematikan proxy tersebut. Karena, terkadang proxy memang mengganggu fungsi dari beberapa aplikasi. Anda bisa mengecek pengaturan proxy di Windows 10 melalui cara berikut:

  • Klik tombol Start, lalu klik Settings > Network and Internet > Proxy.
  • Klik switch untuk opsi Automatically detect settings dan nonaktifkan untuk Manual proxy setup untuk mengaktifkannya.
  • Restart komputer setelah selesai.

3. Verifikasi serveri Skype

Permasalahannya itu tidak harus selalu pada komputer Anda sendiri, tapi bisa juga pada server dari Skype tersebut. Anda bisa mengecek status dari server Skype melalui link berikut ini:

https://support.skype.com/en/status/.

4. Hapus satu versi Skype

Kalau Anda memang menginstall lebih dari satu versi Skype di komputer Anda, maka silahkan Anda hapus satu versi tersebut.

  • Klik tombol Start dan buka Settings > System > Apps > Apps and features.
  • Dari daftar aplikasi cari Skype, dan klik kanan pada versi Skype lalu pilih Uninstall.

5. Reset Skype

Kemungkinan juga masalahnya itu ada pada pengaturan Skype itu sendiri. Maka Anda perlu melakukan reset pada pengaturan Skype tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Buka halaman Settings (Win + i), lalu klik System > Apps and Features , lalu pilih Advanced options.
  • Pada halaman selanjutnya, scroll ke bawah lalu pilih opsi Reset.

Akhir kata

Kalau semua cara di atas masih belum memberikan hasil terbaik untuk Anda, maka silahkan Anda uninstall aplikasi Skype, lalu download lagi yang baru, kemudian Anda install seperti biasa.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY