Hampir semua komputer di seluruh dunia sudah beralih menggunakan sistem operasi Windows 10. Sistem operasi Windows ini sendiri memang bisa dikatakan sudah cukup kompleks untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi, beberapa pengguna ternyata mengalami masalah saat proses setup atau instal, yang memunculkan kode error 0x80070006.

Cara memperbaiki error 0x80070006 pada setup Windows 10

Kalau Anda membaca pesan error yang muncul, maka di situ menjelaskan kalau masalah tersebut, muncul disebabkan karena jaringan yang tidak stabil. Di samping itu pula, kemungkinan adanya masalha pada hardware komputer juga bisa menjadi penyebabnya, atau pun hardware jaringan seperti router.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka di bawah ini akan Saya berikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cek router dan koneksi internet Anda

Untuk langkah, kita mengikuti penyebab masalah sesuai dengan pesan error yang muncul, yaitu jaringa internet yang tidak stabil. Dalam mengatasi masalah jaringan seperti ini, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecek koneksi dan juga kecepatan jaringan internet Anda. Kalau koneksi Anda memang sangat lambat, maka proses setup biasanya akan gagal.

Langkah kedua adalah dengan melakukan restart pada perangkat router atau modem internet yang Anda gunakan. Langkah terakhir adalah dengan mengecek kabel dan settingan jaringan di komputer Anda.

2. Jalankan Network troubleshooter

Pada sistem operasi Windows 10 telah disematkan sebuah fitur yang bernama troubleshoot. Fitur ini sendiri bisa membantu dalam mengatasi setiap permasalah di sistem operasi Windows dengan mudah dan otomatis. Untuk itu, Anda bisa menggunakan fitur Network Troubleshooter untuk mengatasi masaalah tersebut. Di mana fitur ini bisa melakukan reset pada pengaturan jaringan komputer, menghapus cache dan lainnya.

3. Gunakan Port USB lain

Beralih dari masalah jaringan. Kalau Anda menggunakan perangkat USB dalam proses instalasi Windows 10, maka coba Anda ganti posisi port USB yang digunakan. Biasanya pada komputer, terdapat lebih dari satu port USB. Untuk itu, saat Anda menemukan masalah error saat proses intalasi, silahkan Anda coba ganti posisi port USB ke port USB yang lain.

4. Membuat kembali Bootable Windows 10 USB

Langkah berikutnya yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan membuat kembali bootable Windows 10 tersebut. Kemungkinan, saat pembuatan bootable Windows 10 sebelumnya terjadi masalah file yang tidak komplit. Pastikan pula, konfigurasi yang Anda gunakan saat membuat bootable Windows 10 tersebut sudah tepat.

5. Download file image Windows 10 yang baru

Kalau ternyata metode di atas masih belum memberikan hasil yang baik, maka Anda sebaiknya mendownload file image dari Windows 10 yang baru. Kemungkinan file image yang Anda download sebelumnya error atau tidak lengkap. Untuk langkah yang lengkapnya, maka silahkan Anda baca artikel sebelumnya yang berjudul, cara membuat Windows 10 flashdisk dengan Media Creation Tool.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY