Salah satu masalah yang banyak ditemukan oleh para pengguna Windows 10 yaitu, munculnya layar biru dengan pesan ‘Your PC did not start correctly’. Pada halaman tersebut, hanya memunculkan opsi Restart dan Advance Options. Masalah seperti ini biasanya hanya masalah biasa dan cuma butuh melakukan restart untuk memperbaikinya. Tapi, kalau setelah restart masalah tersebut masih juga muncul, maka berarti ada kerusakan yang cukup parah pada sistem operasi Anda.

Masalah ini memang terbilang cukup mengganggu, karena Anda tidak bisa login ke dalam desktop Windows 10 Anda. Sehingga, Anda tidak bisa bekerja dengan file-file di dalamnya.

Memperbaiki masalah ‘Your PC did not start correctly’

Kalau memang masalah ini sangat mengganggu dan Anda pun harus dengan segera menggunakan komputer Anda, maka Anda bisa mencoba mengklik pada tombol Advance Options. Kemudian, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini selanjutnya:

  • Pada halaman Advance Options tersebut, silahkan Anda klik pada menu System Restore untuk mengembalikan pengaturan Windows 10 Anda sebelumnya.
  • Tapi, kalau ternyata System Restore pada Windows 10 Anda tidak bekerja, maka Anda bisa memilih menu Startup Repair.
  • Kalau Startup Repair juga tidak berfungsi, maka Anda bisa memilih menu Command Prompt (CMD). Setelah halaman CMD tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan sfc /scannow, dan tekan Enter untuk menjalankan perintah System File Checker Proses ini akan berjalan dengan sendirinya untuk melakukan scanning pada sistem sekaligus berupaya melakukan proses perbaikan. Jika prosesnya berjalan lancar, maka Anda perlu melakukan restart komputer.
  • Setelah proses restart, silahkan Anda buka kembali Command Prompt, dan ketikkan perintah Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth dan tekan Enter untuk menjalankan tool DISM tersebut.

Kalau cara di atas memang belum bisa membantu, maka Anda lanjut dengan langkah berikutnya di bawah:

  • Kembali Anda buka lagi halaman Command Prompt tersebut, untuk melakukan perbaikan pada MBR Windows 10 Anda. Untuk perbaikan MBR ini, maka Anda ketikkan perintah-perintah di bawah ini, yang masing-masing di akhiri dengan tombol Enter.

bootrec /RebuildBcd

bootrec /fixMbr

bootrec /fixboot

  • Jika perintah MBR di atas memang belum bisa memecahkan masalah ini, maka Anda bisa Anda perlu membuat ulang Boot Configuration Data (BCD) Windows 10 Anda. BCD ini adalah NTLDR pada file boot.ini yang digunakan oleh sistem operasi Windows 7 ke bawah. Untuk membuat kembali BCD di Windows 10, maka Anda cukup menggunakan perintah bootrec /rebuildbcd, lalu tekan tombol Enter untuk menjalankannya.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan jika mendapat masalah saat ingin login Windows 10 dengan pesan ‘Your PC did not start correctly’. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY