Di jaman sekarang ini, bisa dikatakan kalau semua komputer psati terinstall software Microsoft Office. Pasalnya, software yang satu ini tidak hanya diperlukan untuk pekerja kantoran, tapi bisa untuk semua kalangan. Di dalam Microsoft Office ini terdapat banyak software, mulai dari Word untuk pembuatan dokumen, surat dan lainnya. Ada juga Microsoft Excel yang bisa membantu dalam proses kalkulasi (perhitungan) dan pembuatan data, dan masih banyak lagi software lainnya yang memang sangat membantu untuk urusan pekerjaan.

Namun, terkadang para pengguna mengalami masalah saat membuka software tersebut. Salah satu masalah ini adalah munculnya pesan error, ‘Something went wrong’. Masalah ini bisa saja dialami baik, pengguna Microsoft Office versi 2016/2019, Business, 365 Home.

Cara memperbaiki masalah pesan error Microsoft Office ‘Something went wrong

Jika Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Microsoft Office yang mengalami masalah serupa, maka silahkan Anda ikuti beberapa caranya di bawah ini:

1. Coba restart komputer Anda

Hampir setiap permasalahan pada komputer, baik itu untuk hardware atau pun softwarenya biasanya akan diselesaikan dengan cara melakukan restart. Penyebabnya itu bisa saja karena adanya software yang berjalan pada background, yang berpotensi mengganggu atau memblokir Microsoft Office tersebut. Untuk itu, silahkan Anda restart komputer Anda dulu agar semua program yang berjalan di background tersebut tertutup.

Di samping itu, Anda juga bisa re-login ke akun Microsoft yang Anda gunakan untuk Microsoft Office tersebut.

2. Melakukan proses repair melalui Apps and Features

Pada sistem operasi Windows 10 sudah diberikan fitur repair untuk software Microsoft, di mana cara kerjanya itu adalah akan memperbaiki file-file yag rusak dengan mendownload file baru.

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + I pada keyboard, untuk membuka halaman Settings, lalu pilih Apps and Features.
  • Selanjutnya, cari Microsoft Office dan klik pada tombol Modify.
  • Pada halaman baru yang terbuka tersebut, klik pada Quick Repair atau Online Repair dan klik tombol Repair.

Setelah Anda mengklik tombol Repair tersebut, maka akan muncul 2 opsi. Opsi ini merupakan opsi untuk proses perbaikan tersebut, yaitu untuk Web Installer dan MSI-Based. Saat proses perbaikan ini berjalan, pastikan Anda tidak sedang membuka satu pun software Microsoft Office tersebut.

3. Coba instal ulang Microsoft Office

Kalau cara kedua di atas memang masih belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendownload kembali softwre Microsoft Office. Setelah itu, silahkan Anda install kembali software tersebut seperti sebelumnya. Tapi, Anda harus melakukan uninstall terlebih dulu.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah munculnya pesan error ‘Something went wrong’ saat ingin membuka Microsoft Office. Semoga artikel yang telah ditulis di atas bisa cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY