Saat komputer terasa melambat, maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek penggunaan resource hardware komputer Anda. Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10, maka Anda bisa dengan mudah mengeceknya pada halaman Task Manager. Pada bagian process, Anda bisa melihat proses apa saja yang bekerja berat.

Salah satu proses pada Windows 10 yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya adalah TiWorker.exe, yamg menghabiskan sampai 100% CPU.

Mengatasi penggunaan CPU tinggi oleh TiWorker.exe

Proses TiWorker.exe ini mewakili proses pengolah WMI (Windows Modules Installer). Fungsi utama dari proses ini adalah sebagai pembantu untuk proses update Windows 10 di komputer. Kalau Anda menghentikan proses tersebut, maka proses update Windows 10 Anda pun akan berhenti.

Hal yang menyebabkan proses TiWorker tersebut bisa membuat penggunaan CPU menjadi 100% adalah karena file yang corrupt atau rusak. Bagi Anda yang memang mengalami masalah tersebut, maka Anda bisa mencoba beberapa langkah awal di bawah ini, sebelum kita melangkah ke cara yang lebih detail lagi.

  • Coba Anda lakukan update Windows 10 hingga selesai. Karena, kemungkinan Anda sudah menunda update Windows 10 Anda dalam waktu yang lama, bahkan sudah melewati beberapa versi (build) dari Windows 10 tersebut.

  • Jalankan fitur Windows Updates Troubleshooter, dengan membukak menu Settings > Updates and Security > Troubleshoot dan klik pada tombol run the Windows Updates Troubleshooter.

Kalau ternyata 2 langkah awal di atas belum menyelesaikan masalah CPU Usage pada TiWorker.exe, maka Anda bisa mencoba beberapa solusi berikut ini.

Solusi 1: Melakukan clean booting               

Melakukan clean booting pada komputer, akan membantu dalam mengatasi CPU Usage yang tinggi. Karena, cara ini memang hanya akan memanggil proses dan service yang penting saja pada sistem operasi Windows. Untuk langkah-langkahnya sendiri, silahkan Anda buka artikel sebelumnya yang berjudul “cara clean boot di Windows 10”.

Solusi 2: Jalankan scan SFC

Karena salah satu penyebab utama untuk masalah ini adalah file yang corrupt atau hilang dari sistem, maka dengan menjalankan scan SFC tentunya akan sangat membantu untuk perbaikan file sistem tersebut. Anda bisa membaca artikel yang berjudul “cara melakukan scan SFC di Windows 10”, untuk langkah-langkahnya.

Solusi 3: Jalankan system maintenance

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard secara bersamaan, lalu pilih Control Panel dari daftar menu yang muncul.
  • Di dalam jendela Control Panel tersebut, silahkan Anda cari dan buka menu Security and Maintenance.
  • Klik pada arah panah ke bawah untuk menu Maintenance, dan klik pada link Start maintenance.

Akhir kata

Nahm itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi CPU Usage tinggi pada proses TiWorker.exe di Windows 10.

Semoga itu membantu!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY