Sistem operasi Windows 10 memang sangatlah sering mendapatkan update dari Microsoft secara langsung. Update tersebut tidak selalu pada sistem, tapi bisa juga pada fitur, driver serta aplikasinya. Update ini biasanya membawa penambahan fitur atau perbaikan dari bug-bug yang ditemukan dan dilaporkan oleh para pengguna kepada pihak Microsoft sebelumnya.

Hanya saja, beberapa update tersebut ternyata meninggalkan juga masalah pada fitur-fitur atau aplikasi yang digunakan. Salah satu bug dari update yang dialami oleh para pengguna itu, adalah fitur pencarian yang ada pada Start Menu, di mana saat mencari aplikasi hanya muncul tampilan kosong berwarna putih.

Cara memperbaiki fitur pencarian Windows 10 yang kosong

Fitur pencarian yang ada pada start menu Windows 10 memang sangatlah berguna. Di mana Anda bisa dengan mudah untuk menemukan aplikasi atau file yang Anda cari, tanpa harus membuka satu persatu lagi folder yang acak-acakan. Tapi, kalau fitur pencarian tersebut mengalami masalah, maka yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Jalankan fitur Search and Indexing Troubleshooter

Fitur troubleshoot pada Windows 10 ini memang sudah sangat lengkap. Bahkan, untuk masalah fitur pencarian yang error pun tersedia, yaitu Search and Indexing Troubleshooter. Coba Anda jalankan fitur tersebut untuk memperbaiki masalah ini.

2. Konfigurasi pada Windows Firewall

  • Untuk membuka halaman Control Panel di Windows 10, silahkan Anda gunakan shortcut tombol Win + Pause atau Win + Fn + Pause. Setelah berada di dalam halaman Control Panel, silahkan Anda klik pada Windows Defender Applet, lalu klik lagi Advance Settings untuk membuka Windows Defender Firewall with Advanced Security.
  • Sampai pada tahapan ini, silahkan Anda cari Cortana, dan klik dua kali untuk membuka halaman Properties Cortana.
  • Pastikan pula Anda memilih opsi Allow the connection, lalu klik tombol Apply dan Ok.

3. Instal ulang Cortana

Kalau pada cara kedua di atas, Anda ternyata tidak menemukan Cortana, maka Anda perlu untuk menginstall kembali Cortana di Windows 10. Cara menginstall ulang Cortana di Windows 10 bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Klik kanan pada Taskbar, lalu pilih Task Manager.
  • Pada halaman Task Manager tersebut, silahkan Anda klik menu File > Run new task.
  • Ketikkan powershell pada kolom dan berikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Create this task with administrative privileges, lalu tekan tombol Enter.
  • Setelah halaman Powershell terbuka, silahkan Anda copy perintah di bawah ini dengan di akhiri dengan menekan tombol Enter.

Get-AppXPackage -Name Microsoft.Windows.Cortana | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}

  • Itu adalah perintah untuk menginstall ulang Cortana.

Coba Anda lakukan kembali pencarian pada start menu, apakah sudah bisa bekerja atau belum. Kalau ternyata belum bisa, maka Anda perlu melakukan system restore atau reset Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY