Kalau mendengar nama nVidia, pasti kita semua sudah tahu kalau ini adalah urusan grafis komputer. nVidia memang merupakan ikon untuk VGA Card dunia. Pasalnya, VGA Card besutan dari nVidia ini memang selalu yang dinanti-nantikan oleh para pecinta game, editing atau pun dunia grafis lainnya. Di samping itu pula, nVidia tidak pernah berhenti mengembangkan sistem-nya, mulai dari software dan juga hardwarenya tersebut.

Baru-baru ini, nVidia pun menambahkan fitur terbaru pada software GeForce Experience miliknya yang bernama nVidia Share. Fitur ini pun memungkinkan para pengguna untuk merekam layar, streaming, dan juga sharing gampelay dengan orang lain saat bermain game. Saya sendiri sangat bergantung dengan fitur dari nVidia tersebut. Pasalnya, dengan fitur ini kita tidak perlu lagi menginstall software perekam layar yang berbayar, seperti Bandicam, OBS, dan lainnya. Hebatnya lagi, Anda bisa mengambil rekaman permainan (game) 5 menit kebelakang loh! Jadi, Anda tidak perlu merekam semua aktivtas gaming Anda secara sekaligus. Tapi, cukup mengambil beberapa adegan yang menurut Anda pantas untuk direkam saja.

Memperbaiki nVidia Share tidak berfungsi di Windows 10

Walaupun fitur ini diklaim sangat berguna untuk para gamers, tapi ternyata beberapa pengguna melaporkan adanya masalah pada fitur tersebut. Di mana fitur nVidia Share di komputer Windows 10 tidak bisa terbuka. Kalau memang termasuk pengguna nVidia Share dan mengalami hal serupa, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Untuk yang sudah melakukan update Driver

Masalah atau error yang terjadi pada nVidia Share seperti ini biasanya karena kompatibilitas driver dengan hardware atau sistem operasi. Kalau ternyata masalah ini terjadi pada komputer Anda setelah Anda melakukan update driver VGA card, maka silahkan Anda hapus driver baru tersebut, kemudian install versi driver sebelumnya.

  1. Untuk yang belum melakukan update driver

Kemungkinan juga masalah ini terjadi karena driver VGA Card Anda sudah ketinggalan jaman atau adanya versi terbaru, dan Anda ternyata belum melakukan update. Melakukan update driver VGA Card nVidia sendiri saat ini sudah sangatlah mudah. Karena, pada software GeForce Experience sendiri, sudah menyertakan fitur pengecekan driver terbaru, sekaligus update otomatis untuk versi terbaru.

Namun, kalau GeForce Experience di komputer Anda tidak dapat dibuka, maka Anda bisa mendownload driver VGA Card Anda sesuai model dan tipenya, langsung melalui halaman website nVidia.

  1. Nonaktifkan atau restart fitur NVIDIA Share

  • Langkah pertama adalah, dengan membuka NVIDIA GeForce Experience.
  • Kemudian, klik pada ikon gear kecil di bagian kanan atas NVIDIA GeForce Experience.
  • Pastikan Anda berada di tab General.
  • Kemudian scroll ke bawah ke bagian NVIDIA Share.

  • Ubah switch menjadi Off untuk mematikan fitur ini.
  • Restart komputer Anda dan aktifkan kembali nVidia Share tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di atas kalau Anda memang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY