Microsoft Store merupakan aplikasi bawaan yang sudah ditambahkan pada Windows 10. Aplikasi ini mempermudah para penggunanya untuk mencari aplikasi atau software seperti halnya Play Store di Android. Bahkan, pihak Microsoft sempat mewacanakan mengenai penggunaan Microsoft Store ini pada Windows Classic juga. Namun, terkadang para pengguna mengeluhkan masalah error 0x80131500 saat menggunakannya.

Memperbaiki Microsoft Store error 0x80131500 di Windows 10

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna yang sering menggunakan Microsoft Store dan mendapati error 0x80131500 seperti ini, maka kami akan mencoba membantu untuk memperbaiki masalah tersebut dengan berbekal pengalaman yang kami alami dan juga masukan para pembaca di segiempat.com ini.

1. Ubah koneksi internet

Kalau Anda menggunakan koneksi kabel, coba Anda pakai koneksi WiFi.

2. Jalankan fitur Microsoft Store Apps Troubleshooter

Pihak Microsoft pun sudah merilis fitur yang bernama Troubleshooter yang bisa membantu dalam memecahkan masalah sistem di Windows, termasuk pula untuk Microsoft Store Apps Troubleshooter ini. Aplikasinya ini bisa Anda download di halaman situs resmi Microsoft.

3. Reset Microsoft Store

Cara berikutnya yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan me-reset Microsoft Store melalui Command Prompt. Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada Command Prompt (Admin). Pada halaman Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan wsreset, lalu tekan tombol Enter.

4. Ubah pengaturan tanggal dan waktu

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + I untuk membuka halaman Settings Windows 10.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik pada menu Time & Language > Date & Time.
  • Pada panel sebelah kanan, silahkan Anda aktifkan toggle pada opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  • Selanjutnya, klik pada Region & language pada bagian panel kiri. Kemudian, Anda pilih negara dan wilayah pada panel kanan sesuai lokasi Anda.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda tutup semua jendela yang terbuka, lalu restart komputer Anda.

5. Coba pakai DNS

Anda bisa mencoba dengan mengganti DNS pada komputer dengan menggunakana OpenDNS atau lainnya.

6. Bikin user baru di komputer Anda

Anda juga bisa membuat akun atau user baru di komputer Anda dengan level Administrator. Lalu gunakan akun baru tersebut untuk membuka Microsoft Store.

7. Daftarkan kembali Microsoft Store menggunakan Powershell

  • Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard.
  • Lalu, Anda pilih Powershell (Admin) dari daftar.
  • Setelah halaman Powershell terbuka, silahkan Anda ketikka perintah berikut ini:

powershell –ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage –DisableDevelopmentMode –Register $Env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.xml

  • Biarkan proses berjalan hingga selesai dengan sendirinya. Setelah selesai, silahkan Anda jalankan kembali Microsoft Store dan lihat apakah itu bisa menyelesaikan masalahnya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah error 0x80131500 di Microsoft Store. Kalau Anda memiliki solusi terbaik atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY