Sistem operasi Windows 10, melakukan update memang terbilang rutin. Update-update tersebut biasanya dilakukan untuk memperbaiki beberapa laporan bug atau error yang terjadi pada versi seblumnya, atau penambahan terhadap fitur-fitur dan aplikasi terbaru untuk Windows 10 ini. Dalam proses update ini, ada beberapa service dan juga file DLL yang bekerja secara aktif. Kalau file atau layanan tersebut mengalami error atau rusak, maka proses Windows Update pun tentunya akan error. Salah satu error yang biasa terjadi itu ditandai dengan pesan Windows Update error 0x8e5e0147.

Cara mengtasi masalah Windows Update error 0x8e5e0147

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Windwos 10 yang mengalami error seperti itu, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Gunakan Windows Update Troubleshooter

Untuk menggunakan fitur Troubleshooter di Windows 10, maka terdapat dua cara yaitu, Anda bisa menggunakan fitur Windows Update Troubleshooter bawaan dari Windows 10, atau Anda bisa menggunakan Windows update troubleshooter online Microsoft. Cara ini akan bekerja secara otomatis dalam memperbaiki setiap masalah yang muncul untuk Windows update Anda.

2. Reset folder Windows Update

Konten dari Windows update ini tersimpan di dalam 2 folder, yaitu folder SoftwareDistribution & folder Catroot2. Kedua folder inilah yang perlu Anda lakukan reset untuk mencoba mengatasi masalah ini. Di mana di dalam kedua folder ini memang terisi beberapa file sistem yang bertanggung jawab untuk menerapkan update ke komputer Anda. Kedua folder ini memang memiliki dukungan untuk melakukan Windows update dan juga instalasi komponen baru.

3. Reset Windows Update Agent ke default menggunakan PowerShell cmdlet

Melakukan reset Windows Update Agent ke default juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Silahkan Anda download Windows Update Agent Tool di situs resmi Microsoft terlebih dulu, lalu silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Melakukan scanning terhadap semua file sistem dengan perintah (sfc /scannow).
  • Melakukan scan, mendeteksi, dan memperbaiki file yang corrupt pada sistem image Windows.
  • Reset file-file Windows update.
  • Mengubah nilai yang tidak valid di regedit Windows.
  • Menghapus file temporary.

4. Jalankan Fix WU Utility

Fix WU Utility ini akan membantu dalam melakukan register ulang semua file DLL dari Windows Update yang terkait, serta melakukan reset setting lainnya ke default. Anda pun bisa mencobanya, untuk membantu dalam memperbaiki masalah tersebut.

5. Hapus folder SoftwareDistribution dan instal update secara offline

Anda juga bisa mencoba menghapus semua isi yang ada di dalam folder SoftwareDistribution terlebih dulu, lalu download Windows Update langsung dari situs resmi Microsoft, dan lakukan install secara offline.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY