Bagi Anda yang rutin mengikuti update dari sistem operasi Windows 10, Anda pasti merasa kalau Microsoft mengeluarkan update tersebut dengan lebih rutin. Di mana hal tersebut ditujukan untuk memperbaiki setiap bug atau laporan masalah dari para konsumen, serta memberikan tambahan fitur terbaru untuk sistem operasi Windows 10 terbarunya ini.

Mengatasi masalah pengecekan update Windows 10 yang hang

Bagi Anda yang mematikan fitur auto update di Windows 10, maka Anda bisa mengecek adanya update tersebut secara manual. Akan tetapi, terkadang proses pengecekan update ini sendiri menjadi bermasalah atau hang. Kalau Anda mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk bisa mengatasinya.

1. Restart komputer Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada komputer seperti biasanya. Terkadang permasalah pada sistem seperti ini akan dengan mudah dan cepat terselesaikan jika komputer di restart. Setelah selesai restart, maka silahkan Anda coba kembali mengecek update tersebut.

2. Restart service Windows update

Kemungkinan masalah update yang hang atau tidak bekerja ini bisa terjadi karena, service dari Windows update dimatikan. Untuk itu, Anda bisa mengaktifkan kembali service tersebut melalui halaman Command Prompt atau pun PowerShell. Kemudian, Anda masukkan perintah berikut ini pada halaman Command Prompt atau PowerShell tersebut:

net stop wuauserv

net start wuauserv

Kalau Anda memang masih bingung dengan perintah-perintah service seperti di atas, maka Anda bisa mengaktifkannya melalui halaman service.msc, yang bisa Anda buka melalui kolom pencarian Windows. Di dalam halaman Windows Services tersebut, silahkan Anda cari nama Windows Update services, kalau klik dua kali untuk membuka halaman properties. Di dalam halaman properties tersebut, kllik tombol Stop lalu klik lagi tombol Start.

3. Hapus folder Sofware Distribution

SoftwareDistribution adalah salah satu folder di mana tempat menyimpan hasil Updte Windows yang harus diinstal. Terkadang file dari update yang didownload tersebut tidak lengkap atau rusak, sehingga terjadi masalah saat ingin melakukan update. Untuk itu, Anda bisa menghapus dulu isi dari folder ini, secara bersih. Folder ini bisa Anda akses di C:\Windows\SoftwareDistribution.

4. Reset folder catroot2

Catroot dan catroot2 adalah folder sistem operasi Windows yang diperlukan untuk proses Update Windows. Windows menggunakan folder ini untuk menyimpan paket update-update tersebut, dan membantu dalam instalasinya. Untuk bisa menghapus isi dari folder tersebut tidaklah mudah, karena Anda harus menghentikan terlebih dulu services yang bernama cryptsvc di task manager.

Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda, dan coba lakukan lagi pengecekan update Windows 10.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah pengecekan Windows update di Windows 10 yang tidak bekerja. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY