Mengisntall sistem operasi pada sebuah komputer memang terbilang rumit untuk para pengguna komputer yang masih awam. Pasalnya, proses instalasi ini bisa saja membuat hardisk pada komputer Anda menjadi kosong, sehingga data-data yang tersimpan bisa hilang. Namun, bukan hanya itu saja masalah yang bisa ditemui saat menginstall sistem operasi, khususnya untuk Windows yang paling banyak dipakai saat ini.

Beberapa pengguna sistem operasi Windows 10 sempat mengeluhkan masalah saat menginstall, di mana pada halaman ‘Hi there’ tiba-tiba menjadi hang atau tidak bisa melanjutkan proses instalasi Windows 10.

Mengatasi masalah Windows 10 hang di halaman ‘Hi there’ saat penginstalan

Kalau Anda termasuk pengguna yang mengalami masalah seperti ini, maka silahkan Anda ikuti artikel ini sampai selesai untuk mengatasinya. Namun, sebelum melanjutkan, silahkan Anda matikan dulu komputer Anda yang hang tersebut, lalu ikuti langkah-langkah selengkapnya di bawah ini.

1. Lakukan proses instalasi Windows 10 dari awal kembali

Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh adanya data yang korup atau rusak pada file instalasi yang Anda gunakan, maka Anda sebaiknya melakukan proses instalasi kembali dari awal. Pastikan pula, file image Windows 10 yang Anda gunakan tersebut memang sudah lengkap. Kalau memang masalahnya ini ada pada file image Windows 10 yang Anda gunakan rusak atau korup, maka Anda harus mendownload dan membuat kembali media booting yang baru.

3. Automatic repair

Kalau Anda tidak ingin melewati proses instalasi yang ribet dan panjang, maka Anda bisa mencoba melakukan perbaikan otomatis dengan menggunakan fitur Automatic Repair di media instalasi Windows 10. Silahkan Anda masuk ke dalam fitur Advance Startup, dengan mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini. Kalau komputer Anda sama sekali tidak bisa booting ke sistem operasi, maka Anda membutuhkan media instalasi Windows 10 yang Anda gunakan sebelumnya.

Lalu booting seperti pada saat Anda ingin menginstall Windows. Saat berada di halaman Windows Setup, silahkan Anda pilih opsi yang ada di sudut kiri bawah yang bertuliskan Repair your computer.

Ikuti petunjuk yang muncul hingga selesai.

3. Buat BCD (Boot Configuration Data)

Silahkan Anda langsung booting dengan menggunakan media instalasi Windows 10 yang Anda gunakan untuk menginstall Windows. Saat Anda berada pada halaman Windows Setup, silahkan Anda lanjut dengan menekan tombol Shift + F10, hingga terbuka halaman Command Prompt.

Di dalam halaman Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini, perbarisnya, yang masing-masing diakhiri dengan menekan tombol Enter.

  • bootrec /FixMbr
  • bootrec /FixBoot
  • bootrec /ScanOS
  • bootrec /RebuildBcd

Perintah-perintah di atas membantu untuk membuat kembali BCD yang rusak di instalasi sistem operasi Windows 10 Anda. Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda dan biarkan proses instalasi sebelumnya berlanjut. Tapi, pastikan agar Anda tidak booting melalui media instalasi Windows 10.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY